Studi: Bapak Rumah Tangga Bisa Bikin Perempuan Berkarier Lebih Tinggi

Ilustrasi Keluarga
Sumber :
  • Pixabay/ myphotojourneys

VIVA – Dalam kultur masyarakat Indonesia, atau mungkin juga dunia, peran laki-laki seringkali dilekatkan sebagai pencari nafkah, sementara perempuan menjadi ibu rumah tangga. Masih sangat jarang rumah tangga yang memiliki peran sebaliknya. 

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto

Padahal, menurut sebuah studi terbaru di University of Arizona, dilansir dari New York Post, bapak rumah tangga dapat menginspirasi perempuan muda untuk mencapai tujuan karier yang lebih tinggi. 

Ketika perempuan muda percaya lebih banyak pria menjadi ayah yang tinggal di rumah, ada kemungkinan lebih besar mereka membayangkan diri mereka sebagai pencari nafkah utama bagi keluarga masa depan mereka, kata para peneliti.

Catat! Inilah 5 Bulan Terbaik untuk Menikah Menurut Islam

Di sisi lain, ketika mereka berpikir peran laki-laki dalam masyarakat tidak berubah, mereka lebih cenderung menganggap diri mereka ditakdirkan untuk hidup dengan pengasuhan primer.

“Ini menunjukkan bagaimana pilihan peran perempuan bergantung pada harapan mereka terhadap pasangan laki-laki masa depan mereka,” kata pemimpin penulis studi Alyssa Croft, asisten profesor di departemen psikologi UA.

Profil Rizki Calon Suami Beby Tsabina yang Punya Karier Mentereng

Croft mengatakan, harapan itu bisa berimplikasi pada apa yang perempuan mau dan mampu lakukan dalam kehidupan mereka sendiri. Hingga saat ini jumlah pasti ayah yang tinggal di rumah sulit untuk ditentukan. 

Data terbaru ditemukan dari laporan Pew Research 2013, yang menemukan bahwa 2 juta ayah Amerika dengan anak-anak yang tidak bekerja di luar rumah. Tapi, seperti yang Forbes tunjukkan, ini tidak membuktikan bahwa mereka juga mengasuh anak anak.

Ari Sigit, cucu mantan Presiden Suharto

4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Suci Winata Masih Setia

Baru-baru ini, Ari Sigit menjadi pusat perhatian di media sosial. Cucu Soeharto itu telah sah menjadi suami dari Suci Winata. Awalnya, perhatian terhadap mereka muncul se

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024