Pengusaha India Biaya Pernikahan Lebih dari 3.000 Wanita Yatim

Mahesh Savani dan anak perempuan yatim
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Dalam budaya India, ayah dari mempelai wanita yang diharapkan membayar biaya pernikahan putrinya. Jika ayahnya sudah tidak ada, maka tanggung jawab itu jatuh kepada saudara laki-lakinya.

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Tapi, beberapa wanita yatim atau mereka yang tidak memiliki saudara laki-laki tidak memiliki siapa pun yang membiayai pernikahan mereka. Artinya, bisa saja mereka tidak bisa menikah karena tidak memiliki biaya.

Untuk mengubah nasib mereka, seorang pengusaha berlian, Mahesh Savani memutuskan untuk membiayai pernikahan massal. Ia yakin bahwa memberikan santunan kepada pengantin wanita merupakan berkat dari Tuhan.

Raffi Ahmad Bakal Jadi MC, Kapan Rizky Febian dan Mahalini Menikah?

Dikutip dari laman Metro, sejauh ini Mahesh sudah menikahkan 3.172 pengantin wanita dan di pernikahan massal terakhir yang dilakukannya, ia membiayai 261 upacara pernikahan.

Daniel Mananta Jadi Mak Comblang Sandra Dewi dan Harvey Moeis yang Kini Diduga Korupsi

Dengan Kanyadaan, ritual Hindu di mana ayah pengantin wanita mempersembahkan putrinya kepada pengantin laki-laki, memberikan kepercayaan pada suaminya akan masa depan yang sejahtera, Mahesh sudah memberikan kepada ratusan wanita yang tak lagi punya ayah. Tapi, pengantin wanita tidak selalu harus beragama Hindu, karena Mahesh memberkati siapa saja dengan Kanyadaan tanpa mempedulikan latar belakang agama mereka.

Dalam upacara pernikahan yang terakhir digelar, enam pasangan merupakan Muslim dan enam di antaranya Kristiani. Dari 261 pengantin wanita, 118 tidak punya saudara laki-laki atau perempuan dan 54 orang yatim piatu.

Mahesh tidak bekerja sendiri, ia mendapat bantuan dari Kepala Menteri Gujarat Vijay Rupani dan beberapa Petugas Layanan Administrasi India, serta sejumlah petugas Kepolisian yang membantu mengatur dan menyelenggarakan acara pernikahan massal itu.

Para penerima bantuan tidak hanya mendapat pernikahan gratis, tapi Mahesh dan para penyelenggara pernikahan massal juga memberikan hadiah berupa barang-barang rumah tangga agar mereka bisa memulai hidup baru dan asuransi masing-masing senilai 200.000 rupee atau sekitar Rp41 juta. Sebelumnya, Mahesh bahkan pernah memberikan hadiah sebesar 500 ribu rupee atau sekitar Rp103 juta.

Ide untuk menggelar pernikahan massal muncul di benak Mahesh pada tahun 2008, saat seorang kerabat jauhnya meninggal yang artinya Mahesh harus mengasuh anak perempuan yang ditinggalkan. Setelah membantu anak perempuan tersebut, ia merasa itu adalah tanggung jawab sosialnya untuk membantu wanita lain yang berada dalam situasi yang sama.

Tidak diketahui berapa biaya yang sudah dikeluarkan Mahesh untuk aksi sosialnya ini, tapi ia tidak terlihat akan berhenti melakukannya dalam waktu dekat. Dalam foto-foto di hari penting itu, para wanita berbusana penuh warna terlihat tersenyum, berbalut gaun tradisional India atau gaun pernikahan berwarna putih. Mereka juga diberi kesempatan melaksanakan ritual sesuai dengan budaya mereka. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya