8 Tradisi Super-Aneh di Dunia saat Tahun Baru

Ilustrasi Perayaan tahun baru
Sumber :
  • ANTARA/Sahrul Manda

VIVA – Malam pergantian tahun, biasanya diisi dengan kegiatan seru menyalakan kembang api, meniup terompet juga berdoa bersama.

6 Tradisi Unik Merayakan Hari Paskah dari Berbagai Negara

Hal umum ini dtemukan bukan hanya di Indonesia, tapi juga negara lainnya di dunia. Tapi tidak dengan 10 negara berikut ini. Mereka justru memiliki tradisi unik untuk merayakan pergantian tahun baru. Apa saja tradisinya? Berikut seperti dilansir laman List 25:

Pecah Piring di Denmark

5 Tradisi Unik Ramadhan Belahan Dunia, Ada yang Bikin Merinding

Orang-orang di Denmark akan menyimpan seluruh piring yang sudah tidak digunakan hingga tanggal 31 Desember. Dan tepat di malam pergantian tahun, piring-piring itu pun siap dipecahkan di depan pintu-pintu rumah teman atau bahkan keluarga. Memecahkan piring diyakini sebagai simbol keberuntungan. Orang-orang di Denmark yakin, semakin banyak terdapat pecahan piring di depan rumah, maka semakin banyak pula keberuntungan yang diperoleh di tahun baru.

Makan Anggur Tengah Malam di Spanyol

Deretan Tradisi Aneh Valentine di Seluruh Dunia, Ada yang Bikin Melongo!

Tradisi Tahun Baru di Spanyol adalah keberuntungan dalam anggur. Jika bisa menaruh 12 anggur dalam mulut di tengah malam pergantian tahun, maka orang itu akan beruntung di tahun berikutnya. Biasanya, orang-orang di Spanyol akan memasukkan 12 buah anggur ke dalam mulut dan mengunyahnya tepat di jam 12 malam. Bagi yang berhasil melakukannya, artinya mereka akan dipenuhi keberuntungan selama 12 bulan ke depan.

Pakai Celana Dalam Berwarna di Amerika Selatan

Mengenakan celana dalam berwarna bisa menentukan takdir di tahun baru. Celana dalam merah artinya akan menemukan cinta, warna emas berarti kekayaan dan warna putih kedamaian.

Tersenyum dan Bunyikan Lonceng di Jepang

Membunyikan lonceng sebanyak 108 kali juga menjadi tradisi unik di Tahun Baru. Tradisi ini dikaitkan dengan kepercayaan Budha bahwa hal itu akan membawa kebersihan. Tak hanya itu, 108 kali juga diyakini merupakan gambaran dari sifat-sifat buruk manusia yang dipercaya di ajaran Budha. Satu bunyi lonceng berguna untuk mengusir satu sifat buruk tersebut.

Selain membunyikan lonceng, masyarakat di Jepang juga selalu melakukan tradisi tersenyum di tahun baru. Tersenyum saat tahun baru diyakini akan membawa keberuntungan.

Jatuhkan Es Krim di Swiss

Tradisi unik di negara ini adalah menjatuhkan es krim ke lantai untuk merayakan pergantian tahun. Menjatuhkan es krim diyakini orang-orang di Swiss bisa membawa keberuntungan atau hoki dalam setahun mendatang.

Lempar Ember di Puerto Rico

Di beberapa wilayah di Puerto Rico, masyarakatnya memiliki kepercayaan bahwa melempar ember air ke luar jendela akan menjauhkan mereka dari hal buruk. Aktivitas ini pun menjadi tradisi yang dilakukan saat Tahun Baru di Puerto Rico.

Makan Pancake di Prancis

Orang Prancis senang dengan hal yang sederhana dan lezat, setiap tahun mereka mengonsumsi setumpuk pancake. Bukan tanpa alasan, tradisi ini dilakukan tiap tahun karena diyakini bisa membawa keberuntungan. Bahkan sebagian besar orang Prancis meyakini, kebiasaan melahap pancake saat tahun baru efektif membuat mereka selalu makmur, tak kelaparan dan penuh keberuntungan sepanjang tahun.

Makan Banyak di Estonia

Sebuah negara di Eropa ini memiliki tradisi unik di malam pergantian tahun baru, yaitu makan. Bukan makan biasa tapi tujuh kali makan di saat malam pergantian tahun. Harapannya adalah mendapat makanan berlimpah di tahun baru. Tradisi ini juga diyakini memberi keberuntungan dan segala doa baik bisa terwujud sepanjang tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya