Awali Tahun Baru dengan Energi Positif, Ini 3 Cara Usir Stres

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay/jill111

VIVA – Tubuh bisa memberikan beragam respons terhadap stres. Jika Anda sudah tidak bisa mengendalikan bagaimana tubuh memberikan respons terhadap stres yang dialami, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meyakinkan otak bahwa semuanya akan baik-baik saja.

10 Kebiasaan yang Membuat Karyawan Bahagia di Tahun 2024 Menurut Analisis

Mari memulai tahun baru dengan energi positif dan usir stres dengan tiga cara ini, seperti dilansir dari Mind, Body and Green, Rabu, 2 Januari 2019.

Bersyukur

Warna Alam Pengaruhi Psikologis, Bisa Mengurangi Stres

Terdengar sederhana, tapi bersyukur bisa mengubah kecemasan dengan memaksa otak untuk fokus pada hal positif saja.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mempraktikkan rasa syukur setiap hari mampu secara positif memengaruhi kesehatan mental, mengurangi kecemasan dan stres bahkan membuat seseorang sedikit lebih bahagia.

Ramalan Zodiak Sabtu 2 Maret 2024, Cancer Mengalami Perubahan Secara Tiba-tiba

Caranya dengan melakukan tiga hal ini, pikirkan bantuan kecil yang diberikan pasangan, pikirkan tentang perlakuan pasangan, teman atau seseorang di kantor yang dihargai. Atau pikirkan tentang harumnya aroma kopi di pagi hari atau nyamannya kamar tidur.

Tiga hal ini mungkin tidak selalu sama tapi semuanya menghasilkan efek sama, yakni perubahan positif dalam emosi.

Meditasi

Bahkan jika Anda melakukannya sebentar saja setiap hari, meditasi tetap akan memiliki manfaat positif bagi kesehatan mental. Meditasi juga mampu mencegah timbulnya pikiran buruk yang memicu rasa cemas.

Untuk itu luangkan satu menit untuk menjernihkan pikiran otak. Jika hal menakutkan atau pikiran negatif mulai muncul, tarik napas dalam dan ganti dengan dua atau tiga pikiran sehat.

Ucapkan dengan lantang kata-kata seperti, 'Apa pun yang aku lakukan hari ini, itu cukup’ atau, ‘Aku punya kekuatan untuk membuat perubahan’, atau ‘Aku memutuskan bagaimana jalan cerita hidupku sendiri’ dan ‘Hari ini aku memilih untuk bahagia’.

Menulis buku harian

Menulis bisa menjadi praktik penyembuhan, terutama jika Anda kesulitan untuk membicarakan masalah Anda kepada orang lain. Biasakan untuk menuliskan apa yang ada di pikiran Anda untuk menjernihkan pikiran dan memperluas sudut pandang Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya