Biar Enggak Ketipu, Begini Tips Pilih Agen Travel Umroh

Tawaf mengelilingi Ka'bah di Masjidil Haram, Makkah
Sumber :
  • ANTARA/Maha Eka Swasta

VIVA – Sejak kasus penipuan travel umroh yang melibatkan desainer busana muslim Indonesia, bisa diketahui bahwa umroh menjadi ladang subur para pebisnis travel ibadah. Sepanjang tahun semakin tinggi minat masyarakat, hal ini juga terbukti dengan semakin menjamurnya agen travel ibadah haji dan umroh. 

3 Tips Pilih Travel Umroh yang Aman dan Terpercaya, Jangan Sampai Ketipu!

Semakin banyak pilihan artinya juga semakin banyak kesempatan masyarakat untuk mendapat alternatif pilihan yang sesuai kebutuhan mereka. 

Mendatangi pameran travel juga bisa jadi alternatif, selain mendapat banyak pilihan dan tawaran paket serta promo khusus. Bisa dipastikan agen travel yang mengikuti pameran adalah agen travel umroh dan haji yang telah terbukti kredibilitasnya. Untuk itu, terutama bagi mereka yang baru pertama kali ingin umroh dan bingung menentukan pilihan, sebaiknya ketahui beberapa hal berikut ini.  

4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Tentukan Travel Umroh

Harga

Tak dimungkiri, umumnya harga menjadi pertimbangan masyarakat saat memilih agen travel umroh. Meski murah, jangan sampai mendapat yang murahan. Seperti dikatakan Ade Rahma dari PT. Lian Mipro, penyelenggara Moslem Travel Fair 2019 saat ditemui di Summarecon Mal Bekasi, Bekasi, Jawa Barat, Kamis 10 Januari 2019. 

Berburu Paket Travel Umroh Harga Terjangkau di Moslem Travel Fair

"Enggak selalu harga murah menakutkan," ujarnya. Salah satunya seperti Mipro Azizan Wisata (MAW) yang menawarkan paket Berangkat Umroh Dulu Baru Bayar, meski dibanderol dengan harga Rp17,9 juta, penginapan yang digunakan masih termasuk ring 2, yang artinya masih bisa dijangkau dengan jalan kaki tanpa harus menggunakan alat transportasi. 

Hotel

Seperti dijelaskan sebelumnya, hotel menjadi salah satu penentu mahal tidaknya harga paket travel umroh. Hotel yang berada di ring 1 biasanya merupakan hotel bintang lima, jadi tak heran paket yang ditawarkan lebih mahal. 

"Ada yang murah tapi jauh dari Mekkah, biasanya yang dekat Mekkah Madinah adalah travel yang menyediakan hotel bintang lima. Biasanya harganya tinggi, previledge lebih cepat sampai tempat ibadah," tutur Ade. 

Testimoni

Apalagi yang bisa membuktikan kredibilitas agen perjalanan kalau bukan dari testimoni jemaah yang pernah menggunakan jasa mereka. Jadi memerhatikan, mencari tahu ulasan tentang agen travel menjadi satu pertimbangan penting untuk dilakukan. 

Moslem Travel Fair 2019 sendiri merupakan pameran yang awalnya digelar untuk menjawab kegelisahan masyarakat akan kredibilitas travel umroh dan haji sejak terjadi kasus penipuan beberapa waktu lalu.

Tingginya minat masyarakat akan pameran ini di tahun 2018, akhirnya membuat tahun ini pihak penyelenggara PT. Lian Mipro yang juga promoter JakCloth kembali menggelar pameran tersebut. Kali ini digelar mulai tanggal 9 hingga 13 Januari 2019 di The Forum, Summarecon Mal Bekasi, Bekasi, Jawa Barat. Pameran serupa juga akan digelar kembali pada trimester pertama tahun 2019. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya