Robby Tumewu dalam Kenangan Era Soekamto: Color Me Life

Robby Tumewu meninggal dunia
Sumber :
  • VIVAnews/ Ikhwan Yanuar

VIVA – Aktor sekaligus desainer Robby Tumewu telah tutup usia, Senin dini hari, 14 Januari 2019 sekitar pukul 00.15 WIB. Dia menghembuskan napas terakhir pada usia 65 tahun setelah berjuang melawan stroke yang dideritanya sejak tahun 2010 lalu.

Ketersediaan Bahan, Tantangan Pengembangan Industri Fesyen Indonesia

Robby dikenal sebagai salah satu desainer kenamaan di era 80-an. Karya-karyanya berbeda dengan kebanyakan karya desainer pada saat itu. Keseriusan Robby di industri fesyen Indonesia membuat dia tergabung dalam Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) bersama dengan Era Soekamto.

Sosok Robby ternyata memberikan kenangan tersendiri bagi Era. Kepada VIVA, Era membagi kisah manisnya bersama sang senior saat berbincang lewat sambungan telepon.

Alasan Keluarga Kremasi Jenazah Robby Tumewu

"Beliau itu (Robby), saya masuk IPMI tahun 1999, mas Robby sudah ada. Beliau sebagai senior bareng sama mama Ghea Panggabean dan desainer-desainer lainnya," kata Era, Senin, 14 Januari 2019.

Jakarta Fashion Week tribute to Robby Tumewu

Robby Tumewu Meninggal Dunia, Gubernur NTB Pose Dua Jari

Dia mengatakan bahwa Robby adalah salah satu desainer yang berkontribusi cukup besar pada industri fesyen Indonesia. Sebelum sakit, Robby termasuk aktif menggelar fashion show dan aktif di IPMI.

Sebagai desainer yang berbakat, menurut Era, Robby juga sosok yang menyenangkan dan jenaka. Hal ini tentu tak terlepas dari kariernya di dunia seni peran, di mana Robby pernah tergabung dalam grup lawak Lenong Rumpi.

"Dia kocak banget, fun, selalu memberi warna keceriaan. Seperti happy go lucky, selalu membuat orang lain senang, seru ada dia," ujar pakar batik ini.

Dalam kenangan Era, Robby juga sosok desainer yang sangat kreatif. Karya-karyanya memberi warna di dunia fesyen Tanah Air.

"Yang selalu kita kenang dari dia, dia itu very colorful, begitu juga dengan karya-karyanya," ucap Era.

Dan karena Robby menderita stroke, kariernya di dunia fesyen pun tak lagi sepopuler sebelumnya. Namun, IPMI menggelar pagelaran busana yang didedikasikan khusus untuk Robby pada ajang Jakarta Fashion Week 2012, dengan tema Color Me Life with Love Dedicated to Robby Tumewu.

"Memang dia color me life ya. Dia memang banyak memberi warna untuk kita, untuk fesyen di Indonesia. Bikin warna sendiri, itu Robby sendiri," katanya. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya