Unik, Supermarket Ini Dilayani oleh Robot Menggemaskan

Robot di supermarket Giant Food Store.
Sumber :
  • Giant Food Store

VIVA – Kemajuan dalam dunia teknologi semakin memudahkan pekerjaan manusia. Salah satunya adalah penggunaan robot. Belakangan ini robot mulai banyak digunakan, terutama di Jepang untuk membantu pekerjaan manusia, termasuk dalam melayani pengunjung toko.

Kulineran di Bogor, Bisa Belanja Sekaligus Nikmati Dodonyaki Khas Jepang yang Lezat

Namun, bukan hanya Jepang saja yang menggunakan robot untuk membantu pekerjaan manusia. Baru-baru ini supermarket Giant Food Store telah memperkenalkan robot di 172 tokonya di Amerika Serikat. Robot bernama Marty itu bertugas mengelilingi area toko untuk mengawasi, menunjukkan barang-barang yang harus dibereskan oleh staf toko dan mengumumkannya melalui sistem pengumuman di toko.

"Alih-alih hanya menjadi robot, kami benar-benar membuatnya tampak lebih seperti manusia. Jadi, Anda melihat mata yang aneh," kata Presiden Giant Food Store, Bertram, dikutip dari Businness Insider, Rabu, 23 Januari 2019.

Viral Lafadz Allah Ditemukan di Kaos Kaki yang Dijual di Supermarket, Warga Muslim Diminta Boikot

Bahkan, kata dia, robot ini telah menjadi selebriti di supermarket tersebut. Pengunjung anak-anak hingga orang dewasa ramai-ramai berfoto bersama Marty.

Dua Pusat Komunitas Islam di Italia Ditutup, Ulama Islam dan Kristen Bersatu Memprotes

"Apa yang benar-benar keren dan apa yang tidak kami harapkan sampai kami memulai uji coba ini adalah bahwa pelanggan kami benar-benar menyukainya. Kami pikir itu mungkin membuat beberapa dari mereka ketakutan, dan memang ternyata masih ada dari mereka yang ketakutan dengan Marty," ucapnya.

Menurut Bertram, Marty lebih dari sekadar mesin yang memiliki fungsi tambahan seperti pemindaian rak untuk menambahkan barang di rak yang stoknya telah habis. Meski begitu, ia menegaskan bahwa keberadaan robot serba bisa tersebut tidak akan menggantikan fungsi dan tugas karyawannya.

Sebagai informasi, Giant Food Store bukan supermarket pertama menggunakan teknologi robotika, Walmart secara bertahap telah mengembangkan tes robot stock-taking Bossanova serta menguji robot pembersih lantai otomatis. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya