Dilarang Lakukan 6 Hal Ini saat Tahun Baru Imlek

Perayaan imlek di China.
Sumber :
  • CRIonline.cn

VIVA – Bicara tentang Imlek atau Tahun Baru Cina tentu tidak bisa lepas dari larangan-larangan selama perayaan tersebut berlangsung.

Ramalan Zodiak Selasa 19 Maret 2024, Libra: Hati-hati dengan Kenalan Baru

Menurut astrolog Edgar Lok Tin, ada banyak perbedaan antara apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama Imlek, tergantung ada di Utara atau Selatan Cina. 

Tapi menurutnya, seperti dilansir SMH, ada enam hal yang umum dilarang saat perayaan Tahun Baru Cina. 

Ramalan Zodiak Senin 18 Maret 2024, Nasib Buruk Menimpa Cancer

Keramas

Di hari pertama, ada larangan untuk mencuci rambut. Secara budaya hal ini dilarang, karena orang Cina tidak ingin mencuci dan membuang keberuntungan mereka. Tapi secara tradisional, itu jatuh di musim dingin, jadi jika mencuci rambut dan tidak memiliki pengering rambut waktu itu, akan membuat mudah sakit. Dan jika sakit di hari pertama, artinya akan memiliki kesialan sepanjang tahun. 

Terpopuler: Ustaz Alfie Alfandy Ungkap Kebaikan Minum Kopi, Balenciaga Jual Gelang Lakban Rp51 Juta

Dilarang menyapu

Larangan ini sebenarnya banyak diketahui orang umum. Larangan ini bertujuan agar orang tersebut tidak membuang keberuntungan dan harta benda.

Benda tajam

Saat Tahun Baru Cina, dilarang juga menggunakan benda-benda tajam seperti gunting, pisau atau jarum. Jika menggunakan jarum di hari pertama Imlek, dan jika memiliki anak di tahun itu, mata si bayi akan sangat kecil seperti mata pada jarum. Jika menggunakan pisau dan gunting, artinya akan memotong kesehatan. 

Dilarang membangunkan suami

Bagi perempuan yang sudah menikah, dilarang membangunkan suami. Pada zaman kuno, pria adalah pencari nafkah yang dominan. Hari pertama tahun baru sebagai simbol dimulainya awal tahun, jadi di hari pertama pria perlu cukup istirahat. Jika istri membangunkan suami, itu menandakan dia akan dibuang dalam karier dan kehidupan sehari-hari. 

Jangan berdebat dan memarahi

Terutama di hari pertama, karena itu seharusnya hari yang membahagiakan. Jangan memarahi anak atau pasangan. Harus ditahan. Kita mengatakan 'Wo hei san choi' di mana jika berdebat di hari pertama, maka akan berdebat sepanjang tahun. 

Dilarang makan daging

Jangan mengonsumsi daging di hari pertama dan 15 dari Tahun Baru Cina, jadilah vegetarian. Di tanggal 15 adalah bulan penuh dari penanggalan berdasar bulan. Secara ilmiah, penampakan bulan penuh memiliki banyak efek emosional dan bisa menyebabkan argumen serta kecelakaan. Ini memengaruhi perputaran ikatan dan gravitasi tubuh, jadi akan memengaruhi perut. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya