4 Tips Bikin Makanan Makin Awet di Laci Kulkas

Ilustrasi lemari es.
Sumber :
  • Instagram/@well_arranged_home

VIVA – Lemari es atau kulkas menjadi barang penting di setiap rumah. Mengingat fungsinya mengawetkan makanan, laci lemari es secara signifikan dapat memperpanjang usia buah dan sayuran kamu.

Mulai Hidup Sehat, 5 Makanan Ini Wajib Ada di Lemari Es

Dengan memaksimalkan fungsi laci ini, akan membuat makanan kamu lebih awet. Sementara itu, banyak hal sepele yang ternyata penting untuk meningkatkan keawetan makanan yang disimpan di lemari es.

Nah, kini penting untuk mempelajari cara yang benar dalam menggunakan laci lemari es. Dilansir dari laman Reader Digest, Selasa 5 Februari 2019, berikut ini cara menggunakan laci lemari es yang benar: 

Kulkas Usia Ribuan Tahun Ditemukan

Aliran udara

Laci kulkas memperpanjang usia buah dan sayuran kamu dengan mengendalikan aliran udara di sekitarnya melalui ventilasi. Sebagian besar laci memiliki ventilasi kelembaban yang dapat diatur, memungkinkan kamu menutup aliran udara dan menciptakan lebih banyak kelembaban atau membukanya, maka menciptakan lingkungan dengan kelembaban rendah. 

Menyimpan Makanan Sisa di Lemari Es, Sampai Kapan Bisa Dikonsumsi Lagi?

Cara terbaik untuk mengelola aliran udara adalah dengan membuat satu laci yang lebih tinggi dan lebih rendah dari kelembaban. 

Gas etilen 

Alasan utama mengapa makanan menjadi buruk? Gas etilen. Buah-buahan tertentu seperti pisang, kiwi, dan pir melepaskan hormon yang dikenal sebagai gas etilen saat mereka matang. Gas ini sangat bagus, jika kamu ingin mematangkan alpukat dengan cepat, tetapi tidak begitu ideal bagi selada. Namun, ternyata gas ini memiliki peran penting untuk laci lemari es. 

Saat kamu mematikan akses aliran udara dan membuat laci rak dengan kelembaban rendah, maka itu menjebak semua gas etilen di dalamnya. Sehingga, tidak mengubah warna produk makanan. 

Atur kelembaban 

Penting untuk mengatur kelembaban udara. Gunakan pengaturan kelembaban rendah untuk bahan makanan yang cepat membusuk, seperti apel, pir, alpukat sampai melon.

Laci dengan kelembaban tinggi sangat bagus untuk apa pun yang mudah layu, sayuran berkulit tipis seperti asparagus atau sayuran berdaun seperti sayuran hijau dan rempah segar. Laci dengan kelembaban tinggi juga ideal untuk item sensitif gas etilen, seperti stroberi. Karena, sebagian besar produsen etilen akan berada di laci lain, barang kamu akan sangat aman di sini. 

Jangan biarkan laci lemari penuh atau kurang

Laci dirancang untuk bekerja paling baik saat dua pertiga penuh, jadi jangan takut untuk memenuhinya. Tetapi, berhati-hatilah untuk tidak mengemas laci terlalu penuh. Makanan kamu tidak akan bisa bernapas jika penuh, dan bahan makanan yang berat juga bisa merusak barang-barang yang lebih lembut. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya