Imlek Seru di Ancol, Nonton Barongsai 'Kawin' dengan Reog

Penampilan Barongsai dan Reog di Taman Impian Jaya Ancol
Sumber :
  • Dok. VIVA/ Bimo

VIVA – Aksi Barongsai pada perayaan Tahun Baru Imlek bisa jadi hal yang biasa. Tapi bagaimana jika Barongsai Liong tampil bersama Reog Ponorogo yang merupakan tarian khas tradisional Indonesia? 

Festival Imlek dan Cap Go Meh di Tabanan Bali Berlangsung Meriah

Tentu kita akan menyaksikan penampilan yang membawa perpaduan dua budaya. Pertunjukan itulah yang turut memeriahkan Tahun Baru Imlek di Taman Impian Jaya Ancol. 

Menurut Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari, aksi kolaborasi tersebut merupakan cermin percampuran budaya yang ada di Tanah Air. Pertunjukan itu digelar dalam dua kesempatan di Pantai Ancol. 

Perayaan Tahun Naga Kayu, Nuansa Meriah Imlek Hiasi Hotel Borobudur Jakarta

Pantauan VIVA, Selasa, 5 Februari 2019, aksi tersebut menghadirkan dua barongsai berwarna kuning dan oranye yang membuat banyak penonton bertepuk tangan riuh. Tak lama, sekelompok penampil Reog pun turut bergabung dan semakin memeriahkan suasana. 

Keduanya beraksi dengan meliuk-liukkan badan diiringi tabuhan alat musik yang membuat penonton tak melepaskan perhatiannya. 

Festival Barongsai Meriahkan Perayaan Imlek di Tangerang dan Bandara Soekarno Hatta

"Kolaborasi Reog dan Barongsai Liong ini merupakan suatu kolaborasi yang baru di Ancol," kata Rika kepada VIVA, pada kesempatan yang sama. 

Selain kolaborasi Reog dan Barongsai, juga ada penampilan Underwater Barongsai "The Legend of 12 Shio" yang digelar di Seaworld Ancol. 

Pertunjukan ini menceritakan kisah tentang penduduk di dataran tinggi China yang dapat membedakan waktu dengan shio yang diberikan oleh Kaisar Langit.

Tak hanya itu, dalam menyemarakkan Tahun Baru Imlek juga akan ada Kungfu Show, Tebar Angpao,  Barongsai Tonggak, Marching Blast X Dancer, dan juga Parade Elektrik. Untuk libur Tahun Baru Imlek ini, Rika menargetkan 156 ribu pengunjung yang akan datang ke Ancol. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya