Coffeepreneur Ajang Belajar Generasi Milennial Berwirausaha

Preneurship Day
Sumber :
  • VIVA/ Rintan Puspitasari

VIVA – Menjamurnya kedai kopi yang ada saat ini tak dipungkiri dipengaruhi dengan semakin banyaknya minat masyarakat untuk menjadikan kopi bukan sekadar pelepas kantuk, tapi sudah menjadi bagian gaya hidup. Beragam kedai kopi dari yang berkonsep unik hingga grab to go kini mewarnai industri minuman satu ini.

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Baik yang baru memulai ataupun sedang mempertimbangkan terjun ke bisnis ini, Tropicana Slim mencoba menginspirasi generasi muda untuk menjadi wirausahawan kopi (coffeepreneur) melalui rangkaian kegiatan sharing 'Art & Coffeepreneurship Day 2019' yang akan digelar di sembilan kota besar Indonesia, dimana rangkaian pertama digelar di Jakarta kemudian menyusul Yogyakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, Medan, Bali dan Makassar.

"Tren kopi itu lagi digemari anak muda Indonesia dan semakin banyak coffeeshop. Kita (lewat acara ini) bisa inspirasi anak muda Indonesia jadi coffeepreneur, tujuannya dengan menginspirasi anak muda jadi pengusaha membantu perekonomian Indonesia, dan kita lihat masyarakat sekarang semakin sadar akan pilihan hidup lebih sehat, kata Noviana Halim, Brand ManagerTropicana Slim dalam 3D Art Latte Workshop dan Talkshow Art & Coffeepreneurship di Hiveworks Co-Work & Cafe, Sabtu 9 Februari 2019.

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Deri, Marketing Manager Zomato Indonesia, yang mengatakan bahwa minum kopi yang telah menjadi gaya hidup masyarakat kota besar seperti Jakarta namun mereka juga sadar pentingnya menjaga kesehatan sehingga memilih untuk mengurangi atau membatasi asupan gula dengan mencari alternatif ketika memesan minuman.

"Melihat makin besarnya permintaan dan kebiasaan ngopi di Indonesia, pilihan minuman kopi yang lebih sehat dapat menjadi opsi baik bagi konsumen Indonesia untuk hidup lebih sehat. Bagi pengusaha kopi, ini bermanfaat untuk meningkatkan penawaran di kafenya dengan tidak hanya menawarkan kopi, tapi juga dessert," ujarnya.

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Dari sisi seorang Coffeepreneur, Muhammad Aga, Co-Founder Smith Coffee Bar Jakarta berpendapat bahwa pasar industri perkopian ini semakin menjanjikan.

“Meskipun semakin banyak para pemain di dunia perkopian di Indonesia, saya optimis pasar Indonesia memiliki potensi yang masih sangat besar untuk digarap, sehingga anak muda tidak perlu khawatir untuk berani melangkah maju dan berani mencoba menjadi Coffeepreneur."

Ilustrasi biji Kopi.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Bagi banyak orang, kopi adalah minuman wajib untuk memulai hari. Rasanya yang khas dan efek kafeinnya dapat membantu meningkatkan fokus dan kewaspadaan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024