Sukses di Dunia Fotografi Enggak Mudah, Ini 4 Tips dari Pakar

Diera Bachir
Sumber :
  • VIVA/Laras Devi

VIVA – Sudah tak lagi diragukan keahliannya dalam dunia fotografi, Diera Bachir kini menjadi salah satu pelopor pameran #IAmTrulyWoman, yang diselenggarakan beberapa waktu lalu di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta Pusat.

Ayah Taylor Swift Dituduh Lakukan Kekerasan pada Paparazzi

Pameran tersebut dibuat dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional, sekaligus sosialisasi pentingnya menjalani vaksin untuk mencegah kanker serviks. Bercerita mengenai awal mula merintis karir di dunia foto, Diera mengatakan jika dirinya memulai profesi dari bawah.

Tak hanya menggunakan kamera seadanya, Diera juga menuturkan, jika dirinya sudah banyak melewati segala kesulitan di awal karirnya. Mendukung semua pihak untuk terjun ke dunia fotografi, Diera pun berbagi tips dan trik menjadi seorang fotografer.

Potret Budaya dan Adat Batak Tempo Doeloe

1. Jangan ragu

Menurut Diera, jangan melakukan segala sesuatu dengan setengah hati, serta terus membuat karya yang positif, baik untuk diri sendiri maupun bagi orang lain.

Viral Kisah Pengantin Sewa Fotografer Rp500 Ribu Hasilnya Bikin Nyesek

"Jangan ragu, terus berkarya, asalkan ada di batasan-batasan yang berlaku, yang positif pastinya. Menurut aku penting banget, karena kalau punya karya tapi memberikan dampak yang tidak bagus, mubazir aja karyanya. Boleh bereksplorasi, bebas berekspresi, asalkan sesuai dengan kaidah yang berlaku," ujarnya.

2. Percaya diri

Dalam membuat sebuah karya, terkadang seseorang merasa tidak percaya dengan kemampuan yang dimilikinya. Dari situ, Diera mengatakan, jika orang-orang yang ingin berkutat dalam dunia fotografi harus memiliki rasa percaya diri.

"Kedua, percaya diri, tapi jangan kepedean. Itu penting banget," kata dia.

3. Peduli dengan orang lain

Tidak hanya memikirkan diri sendiri, perlunya sensitivitas terhadap orang lain juga diperlukan seorang fotografer. Dari situ, kita akan memiliki rasa menghargai dengan sesama.

"Respect terhadap orang lain, terhadap karya orang lain, respect terhadap profesi orang lain, saling menghargai satu sama lain," tuturnya.

4. Menjalin relasi dengan banyak orang

Menurut Diera, menjalin relasi yang baik dengan banyak orang merupakan salah satu hal terpenting dalam dunia fotografi, karena mampu membuka peluang yang baik di dunia pemotretan.

"Menjalin networking dengan teman-teman. Itu penting banget buat teman-teman yang mau mulai karirnya di bidang fotografi," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya