5 Trik agar Biaya Nikah Enggak Bikin Kantong Bolong

Ilustrasi pernikahan.
Sumber :
  • Pexels/Pixabay

VIVA – Pernikahan merupakan hal yang paling dinanti pasangan kekasih yang merasa telah menemukan akhir pencarian mereka. Namun, tak sedikit juga pasangan yang akhirnya memilih menunda pernikahan karena ketiadaan biaya atau hanya ingin mewujudkan pernikahan impian.

Raffi Ahmad Bakal Jadi MC, Kapan Rizky Febian dan Mahalini Menikah?

Tak selesai di situ, bahkan setelah memiliki biaya pernikahan, kerapkali apa yang dikeluarkan justru lebih besar dari anggaran yang disiapkan.

Jangan sampai urusan pernikahan malah memberikan beban finansial. Berikut lima cara yang bisa dilakukan untuk memangkas biaya pernikahan, dikutip dari rilis Resta Wedding Organizer.

Daniel Mananta Jadi Mak Comblang Sandra Dewi dan Harvey Moeis yang Kini Diduga Korupsi

Undangan terbatas

Pernikahan kerap menjadi ajang 'pamer'. Seolah semakin banyak mengundang tamu, semakin baik. Mungkin itu dulu, untuk saat ini memilih tamu undangan akan membantu memangkas pengeluaran dengan berbagai cara.

Bukan Cuma Mahal, Konsep Pernikahan Harvey Moeis dan Sandra Dewi di Disneyland Kembali Disorot

Untuk itu buatlah undangan terbatas hanya untuk keluarga dan teman dekat. Dengan begitu akan mengurangi biaya konsumsi dan juga biaya sewa gedung, karena hanya memerlukan tempat kecil.

Bijak pilih tempat resepsi

Hotel merupakan tempat populer untuk melangsungkan pernikahan. Tapi di sisi lain, jadi tempat yang paling menguras banyak biaya. Coba temukan tempat lain untuk menekan biaya pernikahan. Anda bisa menggelar pernikahan di restoran, taman atau rumah. Rumah pun bisa 'disulap' jadi menarik dengan dekorasi yang tepat.

Pilihan waktu

Umumnya pesta pernikahan digelar pada hari libur, seperti Sabtu atau Minggu. Namun, memilih hari pernikahan pada hari kerja dapat menghemat uang, lho. Pikirkan juga pemilihan waktu digelarnya resepsi, hal ini juga berpengaruh terhadap pengeluaran.

Minta bantuan

Ini manfaatnya jika memiliki banyak teman. Jika menikah dengan anggaran yang kecil, sangat penting untuk minta bantuan. Manfaatkan skill yang dimiliki oleh teman dan keluarga. Seperti fotografi untuk dokumentasi, membuat kue pernikahan, merancang kartu undangan, atau bahkan meminjam pakaian pernikahan. Hal itu sangat efektif untuk memangkas biaya pernikahan.

Mencicil biaya

Saat ini banyak sarana yang memudahkan pasangan untuk mewujudkan pernikahan impian, yaitu dengan sistem cicilan. Jika memang ingin menikah dan biaya yang dibutuhkan belum terpenuhi, coba untuk mencicil biaya pernikahan.

Salah satunya bahkan bersistem syariah, seperti Resta Wedding Organizer yang tengah menggelar booth pameran di Tangerang City Mall, Tangerang. Di sana segala kebutuhan pernikahan bisa dipenuhi dengan mencicil tanpa takut riba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya