Kreasi Seni Tradisional Betawi Unjuk Gigi di Italia

Karya seni yang ditampilkan di Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA – Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) kembali berpartisipasi dalam ajang desain Superdesign Show di Italia. Ajang ini merupakan bagian dari perhelatan desain terbesar di dunia Milan Design Week 2019 yang akan diselenggarakan pada tanggal 7-14 April di Superstudio Piu, Zona Tortona, Milan, Italia.

Ada Festival Bongsang di Pasar Minggu, Jalan Ragunan Ditutup Sementara

Menurut inisiator ICAD Edwin Nazir, ini merupakan kali kedua ICAD ikut serta di ajang Superdesign Show. ICAD menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang berhasil lolos mengikuti Milan Design Week tahun lalu. Respons yang diterima terhadap karya-karya dari Indonesia saat itu pun cukup baik, hingga Edwin memutuskan untuk kembali mengirimkan proposal untuk pameran di tahun ini.

"Ini adalah event yang bagus untuk mempromosikan budaya, seni, dan desain Indonesia ke internasional," ujar Edwin konferensi pers di Instituto Italiano Di Cultura, Jakarta, Kamis, 21 Maret 2019.
 
Pada kesempatan ini, ICAD berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengusung tema 'Essential Jakarta'. Tema ini mengangkat budaya dan tradisi Betawi yang menampilkan sejumlah karya desain kolaborasi dengan berbagai seniman dan desainer Indonesia pilihan. Karya-karya yang ditampilkan mempunyai nilai tradisional yang dikemas secara kontemporer dan modern.

Sejarah dan Asal Usul Batik, Warisan Budaya Indonesia yang Mendunia

Konferensi pers Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD)

Kurator ICAD, Itjuk mengatakan, ICAD mengeksplorasi bagaimana ikon-ikon tradisional Betawi berhasil beradaptasi dengan modernitas. Kreasi seni yang ditampilkan, meliputi desain produk yang mengusung bentuk salah satu ikon Betawi yaitu ondel-ondel, pertunjukkan tari tradisional Betawi yang dikolaborasikan dengan mapping, fesyen, dan kuliner.

Pesta Rakyat Simpedes di Kota Denpasar 2023 Hadirkan Semarak Pesta Seni hingga Edukasi Keuangan

Pameran desain dan arsitektur di Superstudio Piu dimulai sejak tahun 2000 dalam rangka menampilkan ide-ide terpilih oleh desainer terbaik dari seluruh dunia. Selama 18 tahun terakhir, kegiatan ini telah berlangsung dengan sukses, dan telah tumbuh menjadi acara yang dihargai secara internasional.(nsa)

Direktur Pajak Daerah dan Retribusi Daerah DJPK, Lydia Kurniawati Christyana

Pemerintah Turunkan 11 Jenis Tarif Pajak Kesenian dan Hiburan Jadi 10 Persen, Ini Daftarnya

Pajak Barang dan Jasa Tertentu (PBJT) atas jasa kesenian dan hiburan diturunkan Pemerintah menjadi paling tinggi sebesar 10 persen.

img_title
VIVA.co.id
16 Januari 2024