Trik Mudah tapi Ampuh Bikin Tanaman Layu di Pot Jadi Segar Lagi

Tanaman pot dalam ruangan
Sumber :
  • Pixabay/?eština

VIVA – Jika Anda adalah orang yang senang berkebun, terutama menyukai tanaman berdaun dalam pot maka Anda harus rajin-rajin merawatnya. Hal itu penting dilakukan supaya tanaman tak layu dan tetap memiliki tampilan yang cantik.

Ada Tanaman Menjerit di Israel

Anda harus rajin menyiramnya, namun pastikan bahwa air yang diberikan cukup dan tidak berlebihan. Sebab, jika kekurangan atau berlebihan justru bisa membuat tanaman Anda menjadi layu hingga mati.

Tapi jika Anda mendapatkan tanaman dalam kondisi layu, jangan buru-burunya membuangnya. Mungkin Anda bisa mencoba trik sederhana yang dibagikan seorang ibu dari Australia ini. 

Skincare Berbahan Dasar Tanaman Khas Indonesia Dikembangkan Melalui Kerja Sama Ini

Dia membagikan trik mudah tapi sangat ampuh dalam menyegarkan kembali tanamannya yang hampir mati dan tampak menyedihkan. Dalam unggahannya di Facebook, rahasianya ternyata cuma garam epsom.

Dikutip dari Mirror, dia hanya memandikan tanamannnya yang layu dengan air yang telah dicampur dengan garam. Wanita itu pun berbagi sejumlah foto sebelum dan sesudah tanaman itu disiram dengan air garam. Hasilnya pun sangat menakjubkan.  

5 Manfaat Cangkang Telur untuk Berkebun, Bisa Jadi Pupuk Organik

"Beberapa inci air di bak mandi dengan garam Epsom dan saya memandikan daun-daun tanaman untuk membersihkan debu dan menjaganya agar bahagia," tulisnya.

Tanaman layu yang segar lagi dengan garam epsom

Dia menambahkan, harus menggunakan garam sendiri karena ternyata tukang kebun menggunakan garam tersebut pada tanaman mereka. Hal itu yang memberi dia ide menggunakan garam untuk tanamannya yang layu.

Wanita itu mengungkapkan bahwa dia biasanya menggunakan sekitar segenggam garam dalam beberapa inci air. Kemudian, dia merendam tanaman itu semalam jika tanaman tersebut tampak sangat menyedihkan dan dehidrasi.

Seorang ahli tanaman mengatakan bahwa garam epsom memang bisa digunakan untuk mengobati tanaman yang kekurangan magnesium. Namun, menurutnya, sebagian besar tanaman menjadi layu bisa karena faktor lain, yang tidak akan bisa dibantu oleh garam tersebut.

Tanaman layu atau mati bisa saja karena terlalu banyak atau terlalu sedikit memberi air. Karena itu, dia menyarankan untuk mengetahui lebih dahulu penyebabnya, sebelum memberikan garam atau bahan rumahan lainnya sebagai solusi. (tsy)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya