Cerita Sedih Miss Korea 2018 Di-bully karena Dianggap Gemuk

Miss Korea 2018, Soo Min Kim
Sumber :
  • Instagram Soo Min Kim

VIVA – Nasib kurang menyenangkan menimpa Miss Korea 2018 Soo Min Kim. Dia mendapatkan bullying dalam bentuk verbal dari netizen tahun lalu setelah dinobatkan menjadi Miss Korea Selatan. 

Perilaku Orang Tua Berdampak Anak Melakukan Bullying di Sekolah, Begini Kata Psikolog

Wanita 23 tahun itu mendapat banyak kritikan di media sosial karena penampilannya. Akibatnya, dia terpaksa menutup akunnya di Instagram untuk sementara.

Dikutip dari NextShark, wanita cantik itu memiliki tinggi 174 centimeter (cm) dengan bobot 58 kilogram (kg). Karena bobot tubuhnya, dia banyak menerima komentar negatif. Sejumlah netizen menyebutnya gemuk dan kelebihan berat badan, sehingga tidak pantas untuk mewakili Korea.

Orang Tua Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri Anak Jadi Korban Bullying

Kim pun berbagi cerita mengenai kritikan itu dalam sebuah wawancara dengan Asian Boss. Dia mengatakan bahwa budaya dalam kecantikan Korea meyakini bahwa orang yang bobotnya lebih dari 50 kg, tanpa mempertimbangkan tingginya dianggap gemuk.

“Saya pribadi merasa seperti itu dari gambar foto yang diedit sehingga terlihat seperti yang ada di media sosial,” kata Kim.

Begini Cara Inara Rusli Mendidik Anak Supaya Terhindar dari Bullying

Dia menuturkan bahwa banyak selebriti memamerkan berat tubuhnya dan bangga dengan tubuh rampingnya lantaran merasa cantik. Hal itu yang pada akhirnya mengubah persepsi tentang tubuh ideal. Akibatnya, banyak gadis muda berusaha keras untuk menurunkan berat badannya demi mendapatkan tampilan serupa.

"Saya melihat banyak gadis yang berusaha keras menurunkan berat badan meskipun mereka tidak perlu melakukannya,” ujar Kim.

Dalam wawancara Kim menangis setelah ditanya perasaan orangtuanya mengenai komentar negatif yang menyerangnya. Menurut Kim, ia merasa sedih karena orangtuanya harus mengetahui hal tersebut.

“Itu adalah waktu yang paling saya sesali,” ujarnya.

Di akhir wawancara, dia berharap kepada para gadis muda untuk menjadi nyaman dan lebih percaya diri dengan tubuh mereka. Menurutnya, standar memiliki tubuh sehat adalah kunci kepercayaan diri yang lebih baik. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya