Logo BBC

Halima Aden, Model Muslim Pertama yang Berpose Pakai Burkini

Halima Aden
Halima Aden
Sumber :
  • Instagram.com/si_swimsuit/

Supermodel berdarah campuran Somali-Amerika menjadi model Muslim pertama yang berpose di majalah Sports Illustrated dengan mengenakan burkini.

Halima Aden berpose untuk edisi baju renang tahunan majalah itu dalam setelan baju renang yang melapisi seluruh tubuhnya, kecuali wajah, tangan dan kakinya.

"Gadis-gadis muda yang mengenakan jilbab harus memiliki perempuan yang mereka hormati dalam industri apa pun," katanya kepada BBC.

Halima Aden yang dibesarkan di sebuah kamp pengungsi Kenya, pindah ke Amerika Serikat (AS) saat berusia tujuh tahun dan mulai mengenakan jilbab tak lama setelah itu.

"Kita sekarang melihat politisi, pengusaha, reporter televisi perempuan dan perempuan sukses lainnya yang mengenakan hijab dan itulah pesan yang perlu kami kirim," katanya.

"Responsnya luar biasa dan saya merasa sangat tersanjung bahwa Sports Illustrated telah mengambil langkah untuk menampilkan keindahan yang dimiliki oleh perempuan berpakaian sederhana."

Sports Illustrated yang pernah menampilkan Tyra Banks dan Beyonce di sampul depannya, adalah majalah Amerika dengan jumlah pembaca yang sebagian besar adalah pria, dan muncul reaksi beragam muncul terhadap berita tersebut.