Aksi Heroik Remaja Selamatkan 14 Orang dari Kebakaran

Kabakaran apartemen di Provinsi Liaoning, China
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Seorang remaja yang menjadi operator mesin crane di timur laut China dielu-elukan sebagai pahlawan karena berhasil menyelamatkan belasan orang yang menjadi korban kebakaran gedung pada akhir pekan lalu.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Dikutip dari laman NextShark, pria berusia 19 tahun bernama Lan Junze saat itu tengah bekerja di sebuah lokasi konstruksi di Fushun, Provinsi Liaoning, ketika melihat sebuah gedung pemukiman diselimuti asap. Api dikabarkan berasal dari toko bahan makanan di lantai satu gedung. Dalam beberapa menit saja, api itu sudah merambat hampir ke seluruh gedung.

Karena asap tebal, para penghuni gedung berusaha menyelamatkan diri dari apartemen mereka. Namun, di dalam sebuah video yang viral, mesin crane yang digerakkan oleh Lan terlihat menolong para penghuni apartemen keluar dari lantai atas gedung bertingkat tujuh itu.

RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi

Namun, pertolongan Lan seorang diri tak berjalan mulus karena asap menghalangi pandangannya dan kabel menghadang mesin crane di udara. Meski begitu, Lan masih bisa menyelamatkan 14 orang dalam waktu 30 menit.

"Saat itu, saya hanya ingin menyelamatkan orang. Saya tidak berpikir yang lainnya. Saya tidak punya waktu," ujar Lan seperti dilaporkan Sohu News.

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

Aksi heroik Lan pun mendapat pengakuan dengan namanya yang banyak diperbincangkan pada peringatan Hari Pemuda China tanggal 4 Mei 2019. Sejumlah warganet menjulukinya 'Crane Man'. Dan pada 12 Mei, pemerintah lokal dan Fushun Women’s Federation memberikan penghargaan kepada keluarga Lan dengan gelar kehormatan 'Keluarga Terbaik'.

"Orangtua saya mendidik saya sejak kecil. Saat orang lain kesulitan, saya harus memberikan bantuan. Inilah yang harus saya lakukan. Sekarang semua orang selamat!" kata Lan.

Tentu saja, para pengguna media sosial China, Weibo membanjiri Lan dengan pujian. Beberapa warganet berkomentar, "Anak muda ini baik, pujian untuknya!"

"Saya rasa dia berhak mendapat uang sebagai hadiah!" komentar warganet lain.

Lan Junze

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya