Tips Memilih Paket Umrah dan Haji Terbaik

Jamaah haji saat mengitari Ka'bah di Kota Mekah Arab Saudi (foto ilustrasi)
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Bisa menjalankan ibadah ke Tanah Suci menjadi dambaan umat Islam. Dengan semakin banyaknya travel agent yang menawarkan paket perjalanan religi, masyarakat pun bisa semakin mudah mewujudkan Rukun Islam yang kelima.

Peringatan Penting, Hati-Hati dengan Penawaran Haji Tidak Resmi di Media Sosial

Namun, dengan begitu banyaknya pilihan tentu kita harus cermat dalam menentukan paket perjalanan mana yang sesuai dengan yang kita inginkan. Apalagi saat ini banyak travel agent yang melakukan penipuan kepada para jamaah.

Manager tour/travel Haji dan Umrah Angkat Koper Muhammad Dzulfahmi memberikan tips yang dikutip dari Kementerian Agama (Kemenag) dan disebut dengan '5 Pasti'. Pertama, pastikan travel agent tersebut memiliki izin.

Digosipkan Mualaf, Celine Evangelista Berangkatkan Umrah Karyawannya Secara Gratis

"Sekarang sudah gampang mengeceknya melalui Hp. Di situs Kemenag juga tertulis lengkap list travel agent yang memberangkatkan umrah," ujar dia saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, belum lama ini.

Kedua, pastikan jadwal dan keberangkatannya. Banyak pula travel agent yang bisa meleset keberangkatannya, bahkan di H-7 keberangakatan.

Terpopuler: Ramalan Zodiak sampai Penjelasan Buya Yahya Soal Panggilan Pak Haji

Ketiga, pastikan harga paket sesuai dengan layanannya. Jangan sampai membeli dengan harga premium tapi mendapat layanan bintang 4 atau 3. Pastikan pula, ketika memilih travel agent, harga yang diberikan sudah meliputi layanan apa saja.

Dzulfahmi menambahkan, seringkali travel agent kemudian meminta uang tambahan guide kepada jamaah ketika pulang tanpa ada penjelasan sebelumnya.

Keempat, pastikan hotel memiliki jarak maksimal 1 kilometer (km) ke Masjidil Haram. Ada beberapa hotel bagus yang jaraknya cukup jauh atau bahkan harus menggunakan shuttle. Kelima, pastikan visa sudah siap maksimal H-3 sebelum keberangkatan. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya