Bye Honeymoon! Sekarang Zamannya Solomoon

Ilustrasi traveling
Sumber :
  • Pixabay/SplitShire

VIVA – Bulan madu atau honeymoon menjadi ritual yang wajib dilakukan oleh pengantin baru. Pasangan pada umumnya akan menentukan lokasi mana yang dikunjungi untuk menghabiskan waktu secara intim berdua. Namun, sepertinya tradisi itu sudah mulai pudar.

6 Tips untuk Liburan yang Lebih Lancar saat ke Korea Selatan

Sebab, saat ini pengantin baru akan pergi berlibur tanpa satu sama lain sebagai gantinya, dalam tren baru yang aneh. Dikenal sebagai solomoon, yang mana para pengantin baru memilih untuk pergi ke lokasi yang berbeda satu sama lain untuk perjalanan mereka.

Istilah ini sudah memiliki hampir 1.500 mention di Instagram dengan para pelancong tunggal yang mem-posting foto-foto perjalanan mereka. Tidak sedikit juga pasangan memilih menggunakan istilah 'unimoon' dalam beberapa kasus. Tren ini pun menarik banyak minat para pengantin baru, seperti pasangam asal Dublin, Irene O'Brien dan Mel Maclaine.

Liburan ke Asia Tenggara dan Australia Pakai Tiket Diskon, Cek di Sini! 

Dilansir dari laman The Sun, Irene memutuskan untuk merayakan solomoon-nya di Kanada, sementara Mel pergi bersama teman-temannya ke Prancis setelah pernikahan mereka.

“Kami berdua tidak ingin berada di tempat yang lain. Kami masing-masing kembali ke Dublin penuh dengan cerita perjalanan dan kami benar-benar senang bertemu lagi untuk berbagi kenangan," kata Irene.

Transformasi Pengalaman Traveling: Kolaborasi Garuda Indonesia dan UOB dalam Lifestyle & Pariwisata

Ada juga pasangan yang berlibur terpisah karena masalah pekerjaan. Seperti travel writer, Ann Abel, yang menghabiskan setengah bulan madunya sendirian ketika suaminya kesulitan menemukan waktu cuti.

Sementara beberapa orang menyebut tren bulan madu baru sebagai cara "perkawinan modern" berevolusi. Ada beberapa ahli mengklaim itu bisa menjadi pertanda masalah bagi pasangan.

Helen Fisher, seorang peneliti senior di Kinsey Institute, mengatakan kepada The Times bahwa tiga sistem otak dipicu ketika berlibur bersama, yaitu cinta romantis, ikatan mendalam dan dorongan seks. Tanpa pergi berlibur satu sama lain, hal itu tidak terpicu.

Pengguna media sosial juga bingung, dengan tren ini.  

"Aneh, saya menikah dengan seseorang yang sebenarnya saya ingin nikmati menghabiskan waktu bersama," kata seorang netizen.

"Ide Solomoon / Unimoon adalah hal terbodoh yang pernah saya dengar," kata yang lain.

"Unimoon adalah hal paling bodoh yang pernah saya dengar. Mari kita lihat berapa lama tren atau pernikahan ini berlangsung, " kata yang lain.

Namun, tidak sedikit yang merasa itu adalah ide yang bagus untuk pasangan yang berbeda dalam kepribadian mereka.

Saya menikah pada bulan Oktober dan saya mencintai istri saya tetapi saya juga menyukai gagasan tentang unimoon. Saya juga seorang introvert. Dia tidak harus seperti saya yang mengisi ulang baterai introvert dengan sendirian di akhir pekan," kata yang lain.

Penelitian menemukan bahwa 52 persen pasangan muda di Inggris lebih memilih untuk bersama teman-teman mereka daripada pasangan mereka pada hari libur. Tren lain telah menemukan pasangan membawa anak-anak mereka di bulan madu mereka, atau memilih 'mini-moon' dengan jangka waktu pendek sebelum perjalanan yang lebih besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya