Tak Punya Kebun, Italia Jadi Pusatnya Mesin Kopi Tercanggih Dunia

Barista dan mesin kopi KB90 yang dikeluarkan oleh La Marzocco
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA – Kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban, tak hanya di Indonesia, tetapi juga dunia. Karenanya, bisnis coffee shop kian menjamur di mana-mana.

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Berbicara tentang bisnis kopi, tak lepas dari mesin pembuat kopi yang menjadi salah satu faktor penentu kenikmatan dalam secangkir kopi. Dan, tahukah Anda bahwa negara yang menjadi tempat bernaungnya perusahaan-perusahaan pencipta mesin kopi canggih di dunia ada di Italia?

Menurut Sales Manager La Marzocco, Edward Samudro, hampir 85 persen coffee shop dan restoran kelas A di Indonesia, menggunakan mesin kopi asal Italia. Salah satunya adalah La Marzocco yang sudah berdiri sejak 1927.

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

"Di sana, banyak yang mengembangkan mesin espresso, di mana mereka ingin mengeluarkan kopi secara cepat dan semua base-nya di Italia. Jadi, dari base industri dan peminumnya di sana sudah ada. Bahkan, mulai dari Perang Dunia I dan II development-nya sudah ada," ujar Edward, saat ditemui di acara launching KB90 La Marzocco di Nitro Coffee, Jakarta, Selasa 28 Mei 2019.

Itulah sebabnya, secara tradisi banyak pengembangan mesin kopi yang mengarah ke pengembangan di Italia. Selain itu, banyak pula perusahaan-perusahaan dan pabrik-pabrik mesin kopi besar berbasis di Italia, meski Italia sendiri tak memiliki kebun kopi.

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Pengembangan terbaru mesin kopi adalah KB90 yang dikeluarkan oleh La Marzocco pada Februari lalu. Mesin ini merupakan perbaikan dari mesin sebelumnya yang diklaim banyak menimbulkan cedera pada pergelangan tangan barista.

"Kelebihannya disebut dengan straight in, memasukkannya lurus. Kalau mesin-mesin biasa memasukkan dari samping, kemudian di-lock. Ini menyebabkan barista yang harus memproduksi 1.000 cup, tangannya sampai rusak," ujar Edward.

Atas keluhan itu, La Marzocco mengembangkan riset pada 2017, dan menciptakan mesin terbaru yang mulai dikenalkan di awal 2019. Selain mengurangi cedera dan menghemat waktu, mesin ini juga dilengkapi dengan steam yang bisa membersihkan bagian dalam mesin.

Jika mesin biasa harus dibersihkan secara manual, KB90 bisa membersihkan sendiri dengan uap. Sementara itu, sistem lock yang baru membuat kopi tidak akan tercecer. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya