Logo ABC

Helen Sumardjo, Wanita Australia yang Suka Memasak Makanan Indonesia

Helen Soemardjo, wanita Australia yang gemar memasak makanan Indonesia
Helen Soemardjo, wanita Australia yang gemar memasak makanan Indonesia
Sumber :
  • abc

Helen Soemardjo yang lahir dan besar di Melbourne, Australia, tidak menyangka bahwa menyusul kunjungannya ke Eropa di tahun 1960, ia akan menjadi mahir dalam memasak makanan Indonesia.

Cinta masakan Indonesia

Perjumpaannya dengan Bambang, seorang pria Indonesia sewaktu di Inggris, menjadi awal perjumpaannya dengan kuliner Indonesia.

Wanita yang kini berusia 82 tahun tersebut akhirnya menikah dengan pria Jawa Tengah yang berumur 13 tahun lebih tua darinya, dan tinggal di Kebayoran, Jakarta bersama kelima ipar perempuannya yang aktif di dapur.

"Ketika sampai di Jakarta, saya mengetahui bahwa suami saya tinggal dengan saudara perempuannya dan punya tukang masak sendiri yang hanya bisa Bahasa Jawa," ungkap Helen.

"Tapi kami akhirnya bisa berkomunikasi. Dia memberitahu saya bahan-bahan memasak dan kira-kira seberapa banyak yang digunakan dalam satu piring."

Helen masih menyimpan resep masakan Indonesia seperti rendang, empal, rawon hingga abon pemberian kakak iparnya puluhan tahun yang lalu. Helen masih menyimpan resep masakan Indonesia seperti rendang, empal, rawon hingga abon pemberian kakak iparnya puluhan tahun yang lalu.