Ternyata Ini Alasan Kenapa Bus Sekolah Selalu Berwarna Kuning

Bus sekolah Jakarta
Sumber :
  • Jakarta.go.id

VIVA – Suka penasaran kenapa bus sekolah berwarna kuning terang? Ternyata penggunaan warna ini bukan tanpa alasan.

Viral Pasangan Ini Hidup dan Tinggal di Sebuah Bus Sekolah

Seperti diketahui, warna bus sekolah sebagian besar menggunakan warna kuning, tak hanya di Indonesia, negara seperti Filipina dan Amerika Serikat juga menggunakan warna serupa. Dilansir Inside Readers, alasan digunakannya warna kuning untuk bus sekolah adalah karena warna kuning lebih cepat menarik perhatian dibanding warna lainnya.

Kabarnya, saat orang melihat lurus ke depan, mereka akan bisa melihat objek berwarna kuning dari sudut matanya, meski objek itu tak ada di depannya. Dan warna kuning juga datang lebih cepat dibanding warna lainnya, bahkan meski itu warna merah sekalipun.

Kembali Beroperasi, Catat Rute Bus Sekolah Gratis di Kota Bandung

Para ilmuwan menggambarkan ini sebagai "penglihatan tepi lateral untuk mendeteksi kuning adalah 1,24 kali lebih besar dibanding merah."

Bus sekolah membawa banyak anak dan keamanan itu sangat penting, dan warna kuning akan membuat orang yang melihat bus dengan mudah sehingga kecelakaan bisa dihindari. Warna ini juga membantu menghindari terjadinya kecelakaan dalam kondisi berkabut.

7 Suku yang Memiliki Tradisi Unik dan Aneh di Dunia, Bisa Pinjam Istri

Warna kuning juga umum ditemukan sebagai tanda adanya pembangunan jalan, mesin-mesin luar ruang yang bisa sangat berbahaya jika bertabrakan dengan sesuatu. (rna)

Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan uji coba bus sekolah.

Pemkot Tangsel Uji Coba Trans Anggrek Jadi Bus Sekolah, Pilar Saga: Ini Gratis

Pemkot Tangsel menyiapkan tiga bus sekolah untuk melintasi dua rute.

img_title
VIVA.co.id
6 September 2023