Bagi Pecinta Ikan Guppy, Siap-siap Ya

Festival Ikan Guppy 2019
Sumber :
  • Dokumen SIGF 2019

VIVA – Bagi para pencinta ikan, tentu sudah tak asing lagi dengan si cantik guppy. Ya, beberapa tahun belakangan ikan guppy menjadi perhatian masyarakat Indonesia.

Bisa Jadi Inspirasi, Bisnis Ikan Hias Lewat Marketplace

Oleh karena itu, setelah sukses dengan Guppy International Festival pada November 2018, maka Indonesian Guppy Popularized Association (IGPA) kembali menggelar Festival Internasional Guppy tahun ini.

IGPA menggandeng Swasti Farm akan menggelar festival bertajuk Swasti International Guppy Festival 2019 pada 13 hingga 14 Juli 2019 di Yogyakarta.

Unik, Ada Ikan Guppy Merah Putih Bertema Hari Kemerdekaan RI

Ketua IGPA, Sahlan Rosyidi mengatakan, festival tersebut akan diikuti lebih dari 1.000 peserta dari Thailand, Taiwan, Filipina, China, Malaysia, Singapura, dan Indonesia dengan memperebutkan total hadiah sebesar lebih dari Rp30 juta.

"IGPA senang bisa menjalin kerja sama strategis dengan Swasti Farm. Saat ini, Swasti Farm dikenal sebagai satu-satunya farm ikan guppy yang paling besar dan modern dalam pengelolaan farm ikan guppy di Indonesia," kata Sahlan dalam pesan tertulis yang diterima VIVA, Sabtu 29 Juni 2019. 

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Saat ini, komunitas ikan guppy sudah mencapai lebih dari 50 komunitas dari 34 provinsi di seluruh Indonesia dengan kemampuan skala produksi ikan guppy mencapai 110.000 pasangan dalam enam bulan.

IGPA sebagai salah satu komunitas ikan guppy terbesar di Indonesia merasa optimistis Indonesia mampu menjadi barometer produksi ikan guppy.

Sahlan menjelaskan, potensi Indonesia sangat besar secara nilai ekonomi dalam pasar ikan guppy dunia.

"Bila dihitung kemampuan skala produksi dengan nilai jual pasar dunia US$100 untuk satu pasang ikan guppy, nilai keekonomian ikan guppy nasional mampu mencapai Rp162 miliar hanya untuk enam bulan," ujarnya.

Selain itu, Sahlan berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan keindahan ikan guppy, serta pembuktian kualitas produksi ikan guppy nasional yang tidak kalah dengan ikan guppy dari negara lain.

"Sehingga diharapkan nantinya akan berakibat pada kenaikan permintaan pasar nasional dan internasional," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya