8 Trik Mudah Mendapat Beasiswa

Ilustrasi raih gelar sarjana
Sumber :
  • Pixabay/ Violey

VIVA – Biaya seringkali menjadi kendala untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat melanjutkan sekolah. Ada banyak cara untuk menggapai mimpi untuk sekolah tinggi, dan salah satunya adalah dengan mendapatkan beasiswa. 

Bank Indonesia Salurkan Beasiswa untuk 305 Penerima Program GenBi 2024

Namun tentu tidak mudah memperoleh beasiswa. Ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi, tantangan lain adalah banyaknya saingan dalam mendapatkan beasiswa. 

Untuk mendapatkan beasiswa tentunya dibutuhkan trik tersendiri. Country Director SCG Indonesia, Anusorn Potchanabanpot berbagi tips yang membantu Anda untuk lolos seleksi. Lewat siaran pers SCG yang diterima VIVA Selasa, 2 Juli 2019, berikut 8 tips mudah menggapai beasiswa.
 
1. Bergabung dengan komunitas pencari beasiswa

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI yang Berhasil Raih Prestasi Membanggakan

Kamu dapat bergabung dengan komunitas atau forum-forum untuk memperoleh informasi beasiswa. Terlebih lagi, banyak beasiswa yang secara reguler diberikan kepada pelajar di Indonesia.
 
2. Cari beasiswa yang mensyaratkan penulisan esai 

Beberapa orang akan malas dan melewatkan beasiswa yang mensyaratkan esai. Mendaftarkan diri pada beasiswa seperti ini dapat meningkatkan peluang keberhasilan. 

Kemnaker Berikan Beasiswa Pendidikan Wujud Kepedulian Generasi Penerus Bangsa

3. Periksa dan koreksi kembali

Kesalahan ejaan dan tata bahasa dapat membuat Anda didiskualifikasi. Periksa dan koreksi kembali esai Anda, dan mintalah bantuan orang tua, guru atau teman untuk memeriksanya juga. Semakin banyak yang membaca, semakin baik.

4. Lengkapi semua persyaratan

Saat Anda mengirimkan permohonan beasiswa, pastikan semua persyaratan telah dilengkapi. Aplikasi yang tidak lengkap biasanya akan berakhir dengan penolakan.

5. Kirim lebih awal

Jangan menunggu hingga tanggal jatuh tempo, kirimlah segera untuk mengantisipasi masalah dengan situs, koneksi internet atau komputer Anda.

6. Ajukan beasiswa sebanyak mungkin 

Jadikan pencarian beasiswa ini layaknya pekerjaan paruh waktu, dan luangkan waktu Anda untuk mencari dan melamar beasiswa. Selama masih ada kesempatan, ajukan beasiswa sebanyak mungkin.  

7. Mencatat program beasiswa yang rutin diberikan setiap tahunnya

Mencatat program beasiswa yang rutin diberikan bisa menjadi pengingat Anda untuk mempersiapkan diri. Anda juga bisa memeriksa program beasiswa tersebut setiap tahunnya agar proses pendaftaran tidak terlewati.

8. Jangan menyerah! 

Jika Anda belum mendapatkan beasiswa, maka jangan pernah menyerah. Pemenang beasiswa yang paling sukses adalah mereka yang terus berusaha. Carilah beasiswa yang Anda sukai dan teruslah mendaftar. (tsy)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya