IRT Jangan Jiper Buka Usaha Asal Tahu Triknya

Ilustrasi ibu rumah tangga.
Sumber :
  • Pixabay/hfossmark

VIVA – Memilih untuk menjadi ibu rumah tangga dibanding menjadi wanita karier adalah pilihan yang hebat. Karena tidak semua wanita mau melakukannya.

Seorang Ibu Rumah Tangga Otak Pelaku Pembegalan di Sumut Ditangkap

Banyak kekhawatiran yang dirasakan jika hanya berfokus menjadi ibu rumah tangga saja, seperti bosan karena lebih banyak berdiam diri saja di rumah hingga tidak memiliki pendapatan sendiri.

Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa mulai membuka usaha diawali dari usaha kecil-kecilan. Dengan begitu, suami dan anak Anda tetap terurus, tetapi Anda tidak jenuh dan punya pendapatan sendiri.

Niat Mencuri, Pelajar di Merauke Malah Perkosa Ibu Rumah Tangga

Jika Anda sudah berencana ingin membuka usaha tapi masih belum yakin karena tidak tahu harus memulainya dari mana, Ricky Satria selaku Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, memberikan tipsnya.

1. Punya sosial media

Terjatuh dari Toilet Beralas Bambu, Ibu Rumah Tangga Tewas

Mulailah membuat akun sosial media untuk bisnis Anda nantinya. Sosial media merupakan salah satu cara ampuh untuk mempromosikan bisnis Anda.

2. Punya rekening bank

Buatlah satu rekening bank yang khusus untuk bisnis Anda, jangan dicampur dengan rekening pribadi.

3. Apply Mobile/SMS banking

Dengan membuka usaha atau bisnis, Anda akan lebih banyak melakukan transaksi perbankan. Jadi, transaksi dengan cara mobile akan sangat membantu Anda.

4. Cari komunitas

Cari komunitas di sosial media. Di Facebook ada banyak komunitas yang bisa dijangkau, tinggal pilih mana yang sesuai dengan bisnis Anda.

5. Belajar cara buat produk lebih menarik

Packaging adalah hal yang sangat penting. Biasanya, seseorang tertarik untuk membeli suatu barang, dilihat dari kemasan luarnya terlebih dahulu.

6. Cara distribusi barang

Poin ini juga tak kalah penting. Anda harus belajar cara pendistribusian untuk memudahkan proses penyampaian produk kepada konsumen.

7. Sediakan satu nomor Hp khusus untuk bisnis

Jangan gunakan nomor ponsel pribadi untuk bisnis Anda. Sediakan satu nomor handphone khusus untuk bisnis Anda.

8. Sediakan sistem pembayaran online (POS)

Gunakan sistem Point of Sales (POS) sebagai sistem pembayaran online Anda. Sistem ini biasa digunakan di sejumlah minimarket dan supermarket untuk meng-input transaksi yang masuk dan keluar.

9. Punya catatan khusus

Anda harus memiliki catatan khusus untuk bisnis Anda. Jangan dicampur dengan uang belanja dan uang pribadi.

Nah, tips ini semoga bisa membantu Anda memulai bisnis. Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya