Seorang Bocah Temukan Sarang Telur Dinosaurus Berusia 66 Juta Tahun

Bocah asal China yang menemukan sarang telur dinosaurus.
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Anak laki-laki berusia 10 tahun asal China, baru-baru ini menarik perhatian masyarakat, lantaran penemuannya yang tidak biasa. Bocah yang bernama Zhang Yangzhe itu, diketahui secara tidak sengaja menemukan sarang telur dinosaurus yang telah menjadi fosil.

Geger Patung Hewan 15 Meter Bikin Tetangga Takut Gegara Mulutnya Menganga

Sarang telur dinosaurus itu ditemukannya, saat dia sedang mencari alat untuk memecahkan beberapa buah kenari. Saat itu, dia melihat ada batu aneh di tanah, ketika dia bermain di Sungai Dong di Heyuan, Provinsi Guangdong.

Dia memperhatikan, bagaimana batu itu memiliki "lingkaran" di permukaan, dan membawanya kepada sang ibu. Bocah itu awalnya mengira, lingkaran aneh di atas batu tersebut adalah semen. Tetapi, kemudian menyadari bahwa permukaannya tampak persis seperti pola kulit telur dinosaurus.

Fosil Telur Dinosaurus Berisi Embrio yang Masih Utuh Ditemukan di Tiongkok

Pengetahuan tentang dinosaurus ini didapatkannya, karena dia tertarik pada sains dan dinosaurus.  Dia telah melihat fosil dinosaurus di museum sebelumnya. Demikian dilansir dari World of Buzz, Selasa 30 Juli 2019.

4 Orang Amerika Curi Fosil Dinosaurus Senilai Rp15 Miliar dan Dijual ke China

“Saya telah mempelajari pengetahuan ini dalam buku-buku dan di koridor budaya sekolah saya.  Saya telah melihatnya di museum. Telur dinosaurus yang berbeda memiliki bentuk yang berbeda, ” kata dia.

Ibunya, Li, memutuskan untuk memanggil pihak berwenang untuk memeriksa situs tersebut. Para ahli dari Heyuan Dinosaur Museum mengonfirmasi bahwa "batu" itu memang sarang dari 11 telur dinosaurus dan segera menggali situs tersebut.  

Setelah menggali dan menyelidiki, telah dikonfirmasi bahwa telur dinosaurus berasal dari periode Cretaceous (tepat sebelum dinosaurus punah). Ini berarti, sarang telur itu berumur 66 juta tahun.

Dikatakan bahwa Heyuan adalah "rumah dinosaurus" China, karena secara total 43 telur fosil telah ditemukan di kota itu saja. Museum Dinosaurus Heyuan mengklaim bahwa mereka memiliki lebih dari 10 ribu telur, yaitu koleksi telur dinosaurus paling banyak di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya