6 Tips Jawab Pertanyaan dengan Cerdas Saat Wawancara Kerja

Ilustrasi wawancara/interview kerja.
Sumber :
  • Freepik/yanalya

VIVA – Mungkin, 'Ceritakan tentang diri Anda' adalah salah satu pertanyaan wawancara yang paling sering ditanyakan, terlepas dari bidang tempat Anda bekerja. Namun, pertanyaan ini bukan hanya pemecah kebekuan atau untuk memulai percakapan.

Bank Mandiri Kembali Raih Peringkat Satu Top Companies 2024 versi LinkedIn

Jika Anda menjawabnya dengan cerdas, ini dapat membantu Anda menciptakan kesan yang baik dan menjalani proses wawancara yang lebih lancar ke depan.

Dilansir dari Times of India, Selasa, 30 Juli 2019, berikut cara menjawab pertanyaan saat wawancara kerja agar Anda mendapat poin tambahan.

Ungkap Jasa Tukul Arwana dalam Kariernya, Wika Salim Beberkan Hal Ini

1. Ceritakan tentang pekerjaan Anda

Cobalah untuk bicara tentang pekerjaan yang Anda lakukan di perusahaan terakhir Anda dan hubungkan dengan pekerjaan di tempat yang baru. Fokuslah pada apa yang diminati si pewawancara.

Dulu Anak Asuh Kini Jadi Pacar, Ini Potret Brondong Edwin Bahari dan Anisa Bahar

2. Jangan lupa sebutkan prestasi Anda

Saat menjelaskan profil pekerjaan Anda, jangan lupa berbicara tentang pencapaian yang pernah Anda dapatkan dan pastikan jangan berlebihan. Bicaralah mengenai beberapa tugas di mana Anda memiliki skill di bidang tersebut, seperti mencapai target atau apa pun yang mengisyaratkan Anda akan menjadi kandidat yang hebat untuk pekerjaan baru.

3. Jangan bicara hal-hal pribadi

Jaga agar jawaban Anda tetap singkat dan hindari membicarakan hal-hal pribadi, termasuk pandangan agama, politik, status perkawinan dan anggota keluarga. Pewawancara tidak ingin tahu kisah hidup Anda. Jawaban ini tidak boleh lebih dari satu menit.

4. Jangan terpaku pada resume Anda

Kemungkinan besar si pewawancara telah mempelajari resume Anda. Jadi jika Anda menyebutkan kembali apa yang tertulis dalam resume Anda, ini tidak akan membantu membuatnya terkesan. Sebaiknya, cari poin-poin yang akan menunjukkan bagaimana Anda akan sangat cocok dengan tim yang baru. Anda juga bisa berbicara sedikit tentang hobi Anda.

5. Jangan katakan semuanya

Anda tidak harus mengatakan semuanya untuk menjawab pertanyaan ini, termasuk harapan gaji dan harapan dari pekerjaan ini. Simpanlah untuk sesi selanjutnya.

6. Siapkan jawaban sebelum ditanya

Anda dapat mengubah jawaban sesuai situasi, tapi yang terbaik adalah merangkai jawaban sebelum ditanya. Ini akan memberi Anda lebih banyak kejelasan tentang topik yang dapat Anda soroti dan hal-hal yang harus Anda hindari untuk diucapkan. Ini akan membuat Anda tampil lebih percaya diri di depan si pewawancara. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya