10 Benda Wajib untuk Tas Siaga Bencana

Ilustrasi packing tas
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Dengan masih banyaknya bencana alam yang rawan terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia, masyarakat harus selalu waspada dan siaga kapanpun bencana itu terjadi.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Selain memahami prosedur evakuasi, ada baiknya Anda menyiapkan tas siaga bencana. Dilansir laman Evaq8, tas siaga bencana adalah tas yang berisi keperluan untuk menyelamatkan diri dalam keadaan darurat atau membutuhkan evakuasi segera.

Tas ini berisi segala kebutuhan darurat pribadi yang ditaruh ke wadah yang mudah dibawa, biasanya berupa tas dengan bahan yang kuat.

Gempa Susulan Masih Terus Muncul, Jumlah Pengungsi di Pulau Bawean Kian Bertambah

Di dalam tas tersebut, berisi barang-barang yang akan Anda butuhkan, jika harus meninggalkan rumah atau tempat bekerja dengan segera. Misalnya, jika Anda diminta untuk mengevakuasi diri. Selain benda penting untuk menyelamatkan diri, Anda juga sebaiknya mengepak benda-benda pribadi seperti obat-obatan, peta, kunci-kunci, kacamata cadangan, dan salinan dokumen penting. 

Taruh tas ini di lokasi yang aman dan mudah untuk diambil di saat kejadian darurat terjadi. Lantas, apa saja barang-barang penting yang wajib dimasukkan ke dalam tas siaga bencana?

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

Air
Masukkan setidaknya 1,5 liter air minum untuk satu orang per hari. Anda bisa memasukkan air minum kemasan, tetapi perlu diketahui kalau air ini punya masa simpan terbatas jadi Anda harus menggantinya dalam interval waktu tertentu.

Makanan
Bungkus beberapa makanan siap makan, untuk tetap bisa mengisi perut selama masa bencana atau setelah bencana terjadi. Makanan darurat ini harus berisi kalori yang tinggi, masa simpan yang lama, dan mudah disimpan serta dibawa.

Masker
Debu dan serpihan seringkali sangat tebal di lokasi bencana atau kecelakaan. Masker pernapasan bisa dipakai untuk menyaring debu, partikel, dan kabut air. Masker yang disarankan adalah jenis N99 atau N95.

Senter atau lampu darurat
Gunakan lampu yang menggunakan LED karena cahaya ini bisa bertahan hingga ribuan jam.

Radio/ponsel
Informasi sangat penting selama masa krisis. Siapkan pula charger dan baterai cadangan.

Pakaian
Menjaga tubuh tetap hangat dan kering sangat penting. Pilihlah pakaian yang ringan dan ringkas untuk disimpan.

Kotak P3K
Kotak ini setidaknya berisi pembersih dan pembalut luka, pencuci mata, dan plester untuk luka bakar.

Perlengkapan mandi
Seperti sabun, sikat gigi, odol, dan lainnya.

Dokumen penting
Simpan salina kartu identitas dan dokumen penting lainnya ke dalam tas ini. Selain itu, masukkan juga peta lokal, kunci-kunci, resep obat, dan beberapa kontak informasi penting. Taruh benda ini di dalam kantung antiair.

Uang
Siapkan uang cash untuk perbekalan selama kurang lebih tiga hari.

Selain Anda bisa menyiapkan sendiri semua barang-barang darurat tersebut, kini tas siaga bencana juga sudah banyak dijual. Di beberapa marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada menyediakan tas ini dengan harga mulai dari Rp2 juta hingga Rp12 juta. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya