7 Langkah Selamatkan Makanan di Kulkas saat Mati Lampu

Ilustrasi isi kulkas
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Listrik di wilayah Jabodetabek mengalami pemadaman sejak sekitar pukul 12.00 siang pada Minggu, 4 Agustus 2019. Pemadaman yang terjadi kurang lebih selama delapan jam ini terjadi akibat Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya yang mengalami trip atau akibat lepasnya jaringan, sementara Gas Turbin 7 dalam posisi mati atau off.

Hujan Seharian, Bogor Dikepung Banjir dan Mati Listrik

Selain itu, pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon, juga mengalami gangguan atau trip. Tentu saja, mati listrik menggangu aktivitas masyarakat. Selain itu, bahan makanan di kulkas juga berisiko rusak akibat tidak ada daya listrik.

Lalu apa yang harus dilakukan saat listrik mengalamai pemadaman dalam waktu yang cukup lama seperti kemarin? Dilansir dari laman Today, berikut ini beberapa tips dari The U.S. Department of Agriculture’s (USDA) Food Safety dan Inspection Service (FSIS) yang bisa dilakukan untuk mencegah bahan makanan rusak di dalam kulkas saat mati listrik.

Penjelasan Lampu Padam di Laga Persija Vs Ratchaburi

1. Hindari membuka pintu lemari es dan freezer kecuali jika perlu.  

Jika tetap tertutup, makanan akan tetap dingin lebih lama. Kulkas yang tertutup akan membuat makanan dingin selama sekitar empat jam. Sementara freezer penuh akan menahan suhu selama sekitar 48 jam (24 jam jika setengah penuh).

Atlet Jalan Cepat Indonesia Peraih Emas SEA Games Komentari Insiden Podium Mati Lampu

2. Tempatkan daging dan ayam di satu sisi freezer atau di atas nampan.  

Ini membantu mencegah kontaminasi silang akibat cairan dari daging yang mencair.

3. Gunakan dry ice atau balok untuk menjaga lemari es tetap dingin.  

Lima puluh pon dry ice bisa membuat freezer 18 kaki kubik yang berisi penuh, bisa dingin selama dua hari. 

Sebelum Anda makan makanan apa pun di lemari es atau freezer, berikut adalah beberapa panduan untuk memastikan makanan tersebut masih aman:

4. Periksa suhu di dalam lemari es dan freezer Anda.  

Buang makanan busuk (daging, ayam, makanan laut, telur atau sisa makanan) yang telah di atas 40° F selama dua jam atau lebih.

5. Buang makanan yang memiliki bau, warna atau tekstur yang tidak biasa atau terasa hangat saat disentuh.  

6. Periksa kristal es pada makanan beku  

Makanan dalam freezer Anda yang sebagian atau seluruhnya telah mencair dapat dibekukan kembali dengan aman jika masih mengandung kristal es atau memiliki suhu 40° F atau sekitar 4 derajat Celsius atau lebih rendah.

7. Jangan pernah mencicipi makanan untuk mengetahui  apakah itu aman. Jika Anda tidak yakin, buang saja.

Hal yang paling penting untuk diingat adalah ketika ragu, buanglah. Jika tidak, Anda dan keluarga Anda bisa sakit. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya