Potret Perjuangan Petugas PLN Supaya Listrik Menyala

Petugas PLN melakukan pemeliharaan instalasi listrik.
Sumber :
  • instagram.com/plntv

VIVA –Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan sebagian Jawa mengalami pemadaman massal mulai Minggu siang, 4 Agustus 2019. Listrik di beberapa wilayah tersebut baru menyala malam harinya.

Hujan Seharian, Bogor Dikepung Banjir dan Mati Listrik

Namun, pada Senin pagi, 5 Agustus 2019, listrik di sebagian wilayah kembali padam. Pemadaman listrik merupakan situasi yang kurang menyenangkan dan berdampak pada terganggunya aktivitas masyarakat.

Tidak sedikit juga dari kita yang tersulut emosinya lantaran listrik yang tidak kunjung menyala. Cacian dan omelan tidak luput dilontarkan kepada perusahaan setrum pelat merah alias PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akibat hal ini.

Badai Salju Hantam Jepang, Korban Tewas Bertambah 17 Orang

Namun, tahukah kamu, jika yang dilakukan petugas PLN di lapangan sangat berat? Mereka mempertaruhkan nyawanya sendiri demi memperbaiki kerusakan atau sekadar melakukan perawatan instalasi listrik di beberapa daerah.

Mereka akan berjalan dari ujung menara saluran udara tegangan ekstra tinggi (sutet) ke menara lainnya. Mendengarnya saja sudah mengerikan, mengingat kabel sutet yang memiliki tekanan listrik yang tinggi, belum lagi ketinggian dari menara sutet tersebut.

Cek Fakta: Ngeri, Ribuan Korban Terowongan Mina Berserakan!

Berikut ini beberapa foto dan video yang menunjukkan bagaimana perjuangan mereka supaya kamu bisa tetap menikmati listrik.

1. Bergelantungan dengan seutas tali

Di balik terangnya lampu jalanan, sejuknya AC rumah, nyenyaknya istirahat di malam hari, ada insan PLN yang menggantungkan nyawa di untaian tali harness dan perlengkapan safety, berpijak dan memeluk kabel bertegangan tinggi.

2. Istirahat dengan bersandar di tiang listrik

Memperbaiki aliran listrik tentu saja melelahkan. Salah satu petugas listrik kedapatan beristirahat sejenak di  atas tiang listrik.

3. Turun dari sutet

Sudah tahu kan menara sutet itu tinggi? Nah, naiknya saja butuh perjuangan, begitu juga saat turun setelah memperbaiki aliran listrik yang padam? Ternyata untuk turun pun mereka butuh perjuangan.

4. Pertaruhkan nyawa

Tugas mereka berat untuk melakukan perawatan dan supaya listrik menyala. Nyawa mereka pun bisa-bisa menjadi taruhannya.

5. Bekerja di atas ketinggian

Bekerja di atas ketinggian bukan hal mudah. Apalagi itu berhubungan dengan tegangan listrik.

6. Demi listrik menyala

Mereka bekerja berat dan tak kenal takut. Kalau sudah begitu, sebaiknya jangan mencaci mereka yang sudah mempertaruhkan nyawanya supaya Anda bisa menikmati listrik. (row)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya