Intip 4 Tradisi Idul Adha Unik di Berbagai Daerah Indonesia

Gunungan grebeg.
Sumber :
  • Daru Waskita (Yogyakarta)

VIVA – Hari ini, Minggu, 11 Agustus 2019, umat muslim di dunia tengah merayakan Hari Raya Idul Adha, di mana di dalamnya ada tradisi menyembelih hewan kurban, baik itu sapi atau kambing.

Panduan Penyembelihan Hewan Kurban yang Aman dari Covid-19

Tentu saja, budaya masyarakat Indonesia yang beragam juga memunculkan tradisi-tradisi unik saat Idul Adha. Bahkan hampir setiap daerah memiliki tradisi Idul Adha masing-masing.

Berikut ini adalah beberapa di antaranya, dihimpun dari berbagai sumber.

Pedagang Hewan Kurban di Bekasi Akan Jalani Rapid Test

1. Yogyakarta

Bertepatan dengan Idul Adha, setiap tahunnya Keraton Yogyakarta menggelar upacara tradisional Garebeg Besar. Dalam tradisi ini, ada tujuh buah gunungan berisi hasil bumi yang dibagikan di tiga tempat berbeda.

Dokter Hewan Sebut Sapi Kurban Jenis Bali Wajib Tes PCR

Setelah didoakan, gunungan lantas diperebutkan oleh masyarakat. Sebelum diperebutkan masyarakat, prosesi gunungan dimulai dari dalam Keraton dan dikawal oleh prajurit Keraton menuju ke tempat yang sudah ditentukan.

Hajad Dalem Garebeg Kraton Ngayogyakarta digelar tiga kali dalam setahun, yakni Garebeg Mulud, Garebeg Sawal dan Garebeg Besar. Garebeg Mulud digelar pada tanggal 12 Rabiul Awal (Mulud) untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Gunungan grebeg

2. Maluku Tengah

Setiap Hari Raya Idul Adha tiba, masyarakat Maluku Tengah akan menggelar tradisi Kaul Negeri dan Abda’u. Para pemuka agam akan menggendong tiga kambing dengan kain. Nantinya, kambing tersebut akan diarak keliling desa sambil diiringi alunan takbir dan selawat menuju masjid.

Sesampainya di masjid, ketiga kambing tersebut akan disembelih dan dagingnya dibagikan kepada fakir miskin. Sementara itu, Abda’u sendiri merupakan tradisi merebut bendera bertuliskan kalimat tauhid oleh ribuan pemuda di Desa Tulehu, Ambon.

3. Pasuruan, Jawa Timur

Untuk merayakan Idul Adha, masyarakat di Desa Wates Tani, Kecamatan Granti biasanya akan menggelar tradisi Manten Sapi. Manten sapi merupakan wujud penghormatan hewan kurban yang akan disembelih saat Idul Adha.

Sapi-sapi akan dirias agar terlihat “cantik dan tampan” saat prosesi. Sapi juga akan dikalungi bunga tujuh rupa lalu dibalut kain putih. Setelah didandani, sapi-sapi tersebut diarak ratusan warga menuju masjid dan diserahkan pada panitia kurban.

4. Demak

Di perayaan Hari Raya Idul Adha, masyarakat Kota Demak akan menggelar tradisi Grebeg Besar Demak. Tradisi ini dimeriahkan dengan karnaval kirap budaya yang dimulai dari Pendopo Kabupaten Demak hingga ke Makam Sunan Kalijaga yang terletak di Desa Kadilangu. Jaraknya sekitar dua kilometer dari tempat mulai acara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya