3 Alasan Lebih Seru Kerja di Coworking Space daripada di Kantor

Kolabora Coworking Space.
Sumber :
  • VIVA/Bimo Aria Fundrika

VIVA – Seiring berkembangnya teknologi dan industri digital membuat banyak pekerja kini tidak perlu lagi bekerja di kantor. Mereka bisa kerja di mana pun tanpa mesti terikat dengan jam kerja.

Jennie BLACKPINK Difollow Camila Cabello, Bakal Kolaborasi?

Beberapa dari mereka kemudian lebih memilih bekerja di beragam coworking space yang belakangan banyak bermunculan. Nah, bekerja di coworking space sendiri sebenarnya memiliki keunggulan tersendiri bagi produktivitas pekerjanya. Lalu, apa saja keuntungan bekerja di coworking space yang tidak banyak diketahui?

1. Mendorong lebih produktif

Marcus Fernaldi Gideon Pensiun, PBSI Panggil Minions

Bekerja sendirian di lingkungan yang terpencil, seperti garasi atau kamar tidur Kamu, bisa membosankan dan mengganggu. Mungkin ada banyak gangguan di rumah yang untungnya tidak ada di lingkungan kerja yang profesional. Masalah-masalah ini sama lazimnya bagi pengusaha yang bekerja dari kafe lokal. Ada terlalu banyak hal untuk mengalihkan perhatian Kamu dari tugas yang harus dikerjakan.

Dengan bekerja di coworking space, Kamu bisa lebih produktif. Selain itu, menurut Budiman Tjahyadikarta, pendiri Kolabora Coworking Space yang berlokasi di Hayam Wuruk Tower, Jakarta Barat, bekerja di coworking space dengan konsep yang unik, seperti penthouse dan modern yang diusung coworking space miliknya, bisa menghadirkan suasana menyenangkan, kasual, tetapi tenang dan nyaman yang mendorong pekerja lebih produktif.

Profil Kim Sae Ron, Karier hingga Kontroversi Rumor Pacaran dengan Kim Soo Hyun

2. Membuka peluang kolaborasi

Memilih bekerja di coworking space juga membuat seorang bisa bertemu dengan lebih banyak orang yang memiliki beragam ide. Hal itu, menurut Budiman, mampu mendorong orang untuk berkolaborasi dengan banyak orang dari berbagai macam perusahaan maupun organisasi.

“Saya melihat kebutuhan untuk mengembangkan coworking space untuk memastikan orang-orang dapat bekerja sambil berkolaborasi. Bukan hanya dengan rekan kerja mereka di kantor, tetapi dengan orang dari luar kantor mereka juga," kata Budiman di Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.

3. Memiliki suasana menyenangkan

Sebuah survei yang dilakukan pada para pekerja membantu menemukan beberapa temuan mengejutkan. Sebagai permulaan, 68 persen dari kelompok pekerja berpendapat bahwa mereka memiliki konsentrasi yang lebih baik ketika mereka bekerja dari ruang kantor bersama atau coworking space.

Demikian pula, 70 persen mengatakan mereka merasa lebih sehat bekerja di coworking space daripada di kantor tradisional, dan 91 persen mengakui bahwa keterampilan komunikasi mereka telah meningkat. Dengan fasilitas seperti shower room, loker dan bahkan spot foto yang Instagramable yang banyak tersedia di coworking space, pekerja akan lebih nyaman bekerja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya