Bahaya Gigitan Ular Weling yang Tewaskan Satpam Perumahan Tangerang

Ilustrasi ular.
Sumber :

VIVA – Iskandar, seorang satpam Perumahan Cluster Michelia Gading Serpong, Tangerang Selatan, tewas setelah digigit ular weling yang diketahui berbisa di Taman Mi8/02, di sekitaran kompleks tersebut. Kapolres Tangerang Selatan, Ajun Komisaris Besar Polisi Ferdy Irawan membenarkan hal tersebut. 

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Dilansir dari VIVAnews, kejadian ini berawal saat korban hendak menolong warga yang panik lantaran menemukan ular weling. Kemudian, ular ditangkap dengan tangan kosong. Namun, posisi korban memegang ular kurang tepat. Ular lantas menggigit jari telunjuk kiri korban. Usai digigit ular, korban langsung mengalami sesak napas. Dua jam setelah kejadian, korban meninggal dunia. 

Berkaca dari kejadian tersebut, agar Anda lebih waspada, ular yang memiliki nama latin Bungarus candidus ini memiliki warna hitam belang putih dan berukuran hanya sekitar satu meter. Ular weling lebih banyak ditemukan di daerah Jawa Barat.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Dirangkum dari berbagai sumber, diketahui bisa ular weling bersifat mematikan. Racunnya dapat merusak jaringan saraf dan mengakibatkan kelumpuhan hingga kematian. Jika pada ular kobra, bekas gigitan akan menimbulkan rasa sakit dan pembengkakan, namun tidak dengan ular weling.

Gigitan ular weling tidak menimbulkan rasa sakit berlebihan atau pembengkakan di sekitar luka, tetapi dapat berakibat fatal. Jika bisa yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah besar, beberapa waktu kemudian akan timbul gejala keracunan yang khas, seperti kelopak mata memberat, kesulitan menelan, lama-kelamaan akan mengalami kesulitan bernapas dan akhirnya mengalami kegagalan kerja jantung.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Rata-rata selang waktu antara masuknya bisa melalui luka hingga menyebabkan kematian, berkisar antara 5-20 jam. Ular weling biasanya hidup di hutan yang kering dan panas, di semak-semak, sawah, tapi ada beberapa kasus yang menemukan ular jenis ini di sekitar rumah warga, seperti yang terjadi di Tangerang Selatan.

Jadi, jika Anda tidak memiliki keahlian dan pengetahuan yang cukup, jangan sekali-kali mendekati ular jenis apapun ya, terutama yang berbisa. Akan lebih baik, jika Anda menghindar sebisa mungkin. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya