Kuyang, Hantu Wanita Pemangsa Darah dari Kalimantan

Kuyang si hantu wanita dari Kalimantan.
Sumber :
  • Youtube BarsiliZone

VIVA – Hantu Kuyang mendadak jadi trending di media sosial setelah Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Kuyang dipakai di lebih dari 11 ribu cuitan hari ini, Selasa, 27 Agustus 2019.

Momen Haru Siraman dan Pengajian Putri Isnari: Persiapan Menuju Pelaminan

Kuyang sendiri diyakini masyarakat merupakan sosok hantu menyeramkan yang berasal dari Kalimantan. Dihimpun dari beberapa sumber, hantu seperti apa sih Kuyang itu?

Kuyang merupakan sosok iblis atau siluman yang menampakkan bagian kepala dan juga organ tubuh. Kuyang adalah makhluk halus berkepala perempuan yang tidak memiliki tubuh. Jadi, dari kepala langsung nyambung ke organ tubuh tanpa tertutup kulit atau tulang dan daging.

Menguak Serba Serbi yang Melekat pada Legenda Kuyang

Karena tidak memiliki kaki untuk melangkah atau loncat seperti pocong, Kuyang memiliki kemampuan lain, yakni terbang. Kuyang diceritakan sering terbang di malam hari untuk mencari darah bayi atau darah wanita yang baru saja melahirkan. Kuyang hanya memakan darah saja.

Baca Juga: Empat Hantu Paling Menakutkan di Kalimantan

Kisah Heroik Anggota TNI Keturunan Tionghoa Tak Bocorkan Rahasia Negara Meski Disiksa Musuh

Konon katanya, jika Kuyang telah makan maka kemampuannya akan lebih sakti dan tidak akan bisa dikalahkan oleh kemampuan atau kekuatan apapun. 

Menurut cerita yang berkembang di wilayah Kalimantan, Kuyang bukanlah sosok iblis sepenuhnya, melainkan manusia yang sedang mendalami ajaran ilmu hitam. Pada siang hari ia akan terlihat seperti orang biasa, namun pada saat malam hari akan berubah menjadi Kuyang. Ilmu yang didalami konon katanya adalah ilmu awet muda dan keabadian.

Namun Kuyang konon punya kelemahan yang bisa dikalahkan. Bawang putih dan bawang merah dipercaya dapat menjauhkan manusia dari gangguan Kuyang. Jika seseorang mengantungi bawang merah dan bawang putih, tidak akan didekati Kuyang. Iblis menakutkan itu sangat benci dengan bawang merah dan bawang putih.

Tidak hanya itu saja, jika Kuyang sudah tampak dan mengganggu, masyarakat percaya bahwa sapu ijuk bisa dipakai untuk mengusirnya. Selain itu membunyikan perabotan rumah tangga seperti panci atau wajan dipercaya dapat mengusir Kuyang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya