Baru Gajian? Ini 5 Tips Belanja Bulanan Biar Gak Tekor

Konsumen berbelanja di sebuah pusat perbelanjaan di Semarang/Ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA/R. Rekotomo

VIVA – Memasuki awal bulan, sudah menjadi kebiasaan ibu rumah tangga untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga. Namun, terkadang belanja bulan justru membuat kita malah lapar mata. 

Terpopuler: Budget Belanja Bulanan Darius sampai Nikita Mirzani Putus Hubungan

Dengan iming-iming diskon, kita membeli barang yang ternyata tidak terlalu dibutuhkan. Alhasil, bukannya hemat justru kita malah menjadi boros. Karena itu, kita perlu cermat dalam berbelanja. 

Dilansir laman Thekitchen, agar lebih menghemat uang ketika berbelanja bahan makanan disarankan untuk melakukan beberapa hal. Berikut ini beberapa tips ini bisa membantu Anda dalam berhemat saat belanja bulanan. 

Darius Sinathrya Blak-blakan Soal Budget Belanja Bulanan

Cari tahu bahan makanan apa yang paling banyak dibeli setiap bulannya

Sebelum membuat anggaran belanja, penting buat ibu mencari tau bahan makanan apa sih yang paling banyak dibeli? Kamu mungkin menghabiskan lebih banyak membeli makanan dan minuman tanpa disadari. 

Jangan Tergoda Harga Murah, Pahami Cara Belanja Online Biar Gak Ketipu

Dengan melacak seperti itu, akan membantu kamu mengklasifikasi barang belanjaan secara lebih rinci. Misalnya, untuk minuman: kopi, teh, soda, alkohol, jus, produk segar,  makanan beku, kue hingga daging.

Buat prioritas

Penting untuk membuat skala prioritas dalam berbelanja. Seperti contoh prioritas untuk kesejahteraan seseorang seperti makanan segar dan bahan makanan. 

Buat list daftar untuk isi kulkas

Ini adalah tip dasar tetapi ini bisa membuat perubahaan besar. Dengan membuat list ini Anda dapat menghindar dari belanja berlebihan atau berbelanja bahan yang tidak  diperlukan. 

Beli bahan stok saat diskon tetapi jangan berlebihan

Diskon selalu membuat kita kalap, alhasil kita membeli bahan makanan yang ternyata tidak terlalu dibutuhkan karena iming-iming diskon. Bijaklah dalam menggunakan diskon, belilah bahan persediaan atau stok dengan diskon namun tetap masuk akal. 

Membandingkan harga dengan toko lain

Tidak ada salahnya untuk membandingkan harga antar satu toko dengan toko lain sebagai bentuk efisiensi. Tapi juga perlu diperhatikan efisiensi waktu dan jarak tokonya juga ya. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya