Upaya Menuju Indonesia 2025 Bebas Sampah Plastik

Ilustrasi sampah plastik di laut.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sampah plastik belakangan jadi isu yang cukup mengkhawatirkan. Peneliti dari Universitas Georgia, Amerika Serikat, Jenna Jambeck, menyebut bahwa Indonesia merupakan negara nomor dua penghasil sampah plastik di dunia.

Upaya Mahasiswa Kurangi Sampah Plastik, Kompak Lakukan Ini

Karena itu pemerintah Indonesia telah berupaya mengurangi sampah plastik. Targetnya pada tahun 2025 sampah plastik di laut Indonesia dapat berkurang hingga 70 persen.

“Masalah sampah plastik bukanlah sesuatu yang dapat kita atasi sendiri, itulah sebabnya penting mengajak pemangku kepentingan untuk membangun ekonomi sirkular kemasan," ujar Corine Tap, Presiden Direktur Danone Aqua kepada VIVA beberapa waktu lalu.

Audit Sampah Sungai Watch Dinilai Tidak Merepresentasikan Kondisi di Indonesia 

Untuk mendukung program pemerintah Danone-Aqua menandatangani Nota Kesepahaman dengan Re

Nantinya label plastik bekas dipasok dari fasilitas pemilahan botol di Pasuruan, dan digunakan maksimum 25 persen untuk dipastikan ketahanan dan kualitas hasil produk tersebut. Selain itu kampanye #BijakBerplastik juga mulai digaungkan untuk atasi sampah plastik di Indonesia.

P&G Indonesia Dukung HPSN 2024: Wujudkan Bebas Sampah Plastik dengan Inovasi dan Kolaborasi!

"Kami juga mempromosikan upaya kolaboratif untuk menemukan solusi yang inovatif terhadap masalah sampah plastik di Indonesia."

Tak hanya itu, ia juga menjadikan seluruh kemasannya 100 persen dapat digunakan kembali, dapat terurai atau dapat didaur ulang pada tahun 2025 melalui berbagai inisiatif, misalnya seperti pengumpulan, pendidikan, inovasi hingga kerja sama dengan berbagai mitra.

Danone Aqua

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya