Nikah Pakai Resepsi Cuma Habis Rp25 Juta, Masih Bisa Kok

Pernikahan
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Menikah merupakan momen sakral yang menjadi impian setiap  pasangan. Sayangnya, di Indonesia menikah bukan hanya sekadar mengucap janji untuk saling setia. Tetapi, harus membuat orang-orang sekitar turut merasa bahagia, dengan menggelar resepsi pernikahan.

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto

Menggelar resepsi bukanlah perkara mudah. Sebab, pasangan harus memutar otak untuk mengadakannya, apalagi jika dana yang dimiliki terbatas. Agar momen bahagia tersebut tidak berantakan, sebaiknya resepsi dibuat sesuai kemampuan kedua pasangan.

Untuk menggelar respsi pernikahan, dana yang dikeluarkan biasanya mencapai ratusan juta, bahkan miliaran rupiah. Namun, seorang warganet asal Yogyakarta, membuat cerita tentang resepsi pernikahannya, dengan biaya kurang dari Rp25 juta.

Catat! Inilah 5 Bulan Terbaik untuk Menikah Menurut Islam

Cerita ini dibagikan di media sosial Twitter melalui akun @rizaasz. Riza membagikan pegalamannya, mulai dari merancang konsep, menentukan semua kebutuhan, sampai akhirnya resepsi pernikahannya berlangsung.

Baca juga: Lima tanda kamu kecanduan seks
 
“Kami memang bikin acara terpisah, akad itu khususon keluarga trus setelahnya terserah kami. Jadi kami sudah mengantongi izin untuk bikin acara tanpa keluarga. Setelah ok kamipun mulai mengurus apa saja yg dibutuhkan dalam bikin mini resepsi,” ujarnya dikutip dari Twitter, Jumat 27 September 2019.

Profil Rizki Calon Suami Beby Tsabina yang Punya Karier Mentereng

Resepsi dibuat dengan cara 'ndakik-ndakik' atau mengakali dana yang harus dikeluarkan. Hal ini dilakukan, agar bisa bertahan hidup setelah menggelar resepsi. Maka, dengan budget Rp25jt rupiah, pasagan ini harus rela melakukan riset dari beragam paket pernikahan yang hotel maupun restoran.

Ilustrasi cincin pernikahan.

Salah satu trik jitu untuk menekan budget, adalah dengan cara membatasi jumlah undangan. Dengan Rp 25 juta pasangan tersebut, memutuskan hanya mengundang 150 tamu di momen bahagianya. Undangannya juga dibuat secara digital dan kekinian, agar bisa mengurangi biaya yang dikeluarkan.

Untuk lokasi resepsi, dipilih tempat atau venue yang baru dibuka dan masih mencari pelanggan. Setelah proses negosiasi, didapat harga Rp20jt untuk resepsi, lengkap dengan  dekorasi, tiga macam menu makanan ringan, snack bar, serta iringan musik.

Hal lain yang tidak kalah penting saat menggelar resepsi adalah riasan pengantin dan dokumentasi acara. Untuk dua hal ini, @rizaasz menggunakan jasa dari relasinya. Hasilnya, dokumentasi hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp 1 juta. Sementara untuk busana, menyewa dengan biaya sebesar Rp 800 dan make up Rp 500 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya