Kunai, Senjata Ninja yang Dipakai untuk Menusuk Wiranto

Kunai
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto ditusuk sepasang suami istri di Pandeglang, Banten, Kamis, 10 Oktober 2019. Belakangan diketahui, Wiranto ditusuk dengan menggunakan kunai.

Wiranto Sebut Hadi Tjahjanto Sosok Tepat Jadi Menko Polhukam, Paham Anatomi Ancaman

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi, membenarkan bahwa pisau tersebut memang mirip kunai.

"Bentuknya seperti pisau, ada bulatan di ujungnya. Kunai," ujar Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi, ditemui di Mapolsek Menes, Kamis, 10 Oktober 2019, mengutip VIVAnews.

Wiranto: Saya Sebagai Pembina TKN, Bersaksi Tak Ada Agenda Apalagi Rencanakan Kecurangan

Kunai sendiri merupakan pisau dari Jepang yang sering digunakan tukang batu. Kunai merupakan alat yang digunakan untuk banyak hal dan awalnya berasal dari Era Tensho Jepang sekitar 1573-1592. 

Dengan bentuknya yang agak mengerucut seperti daun, Kunai biasanya digunakan untuk menggali, mencongkel, mengancurkan, dan memplester. Gagangnya yang punya bentuk cincin di bagian ujung menjadikan kunai juga sebagai senjata lempar. Lubang gagang tersebut diberi kuncir agar lemparannya lebih stabil.

Usai Nyekar ke Makam Orangtua, Prabowo Sempat Temui Wiranto dan Sampaikan Hal Ini

Meski merupakan alat dasar, namun Kunai bisa jadi senjata mematikan di tangan para ahli bela diri. Kunai juga lebih sering diasosiasikan dengan ninja untuk ditancapkan di dinding agar bisa dipanjat. Pisau jenis ini digunakan sebagai alat untuk menyembunyikan diri para ninja.

Banyak karakter manga menggunakan kunai sebagai senjata mereka, termasuk misalnya dalam Naruto. Dalam fiksi ninja, kunai biasanya digambarkan sebagai pisau baja yang digunkan untuk menusuk atau melempar.

Presiden Jokowi bersama Menteri Bermalam di IKN Nusantara

Momen Wiranto dan AHY Ikut Bermalam di IKN Nusantara Bareng Jokowi

Presiden Joko Widodo dan Wiranto bermalam di Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis malam, 29 Februari 2024.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024