Biar Tetap 'Santuy' Walaupun Punya Bos Galak di Kantor

Ilustrasi bos.
Sumber :
  • Halomoney.

VIVA – Selain keluarga dan teman, pemimpin di tempat kerja memiliki peran penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Jika memiliki bos yang baik dan pengertian, tentu bekerja akan terasa damai, dan tidak memiliki masalah. 

Proyek Kantor Prabowo di IKN Senilai Rp 1,7 Triliun Mulai Dilelang

Namun, jika yang ada di tempat kerja adalah pemimpin yang mempunyai perilaku yang tidak menyenangkan, tentu membuat karyawannya malas berangkat kerja. Pada akhirnya, akan membuat suasana menjadi kacau, dan bukan hal yang mustahil berdampak buruk pada pekerjaan. 

Lantas, bagaimana sih cara menghadapi bos yang kayak begitu? Dilansir dari Boldsky, Senin 14 Oktober 2019, ada lima trik jitu menghadapi perilaku atasan yang tidak menyenangkan, seperti berikut ini:

Gaya Santuy Jenderal Maruli Setiba di Kantor: Langsung Joget, Gemblok Tas Bak Anak Sekolah

Cari tahu apa yang membuat bos marah

Setiap orang yang marah pasti ada alasannya, begitu juga dengan bos kamu. Mungkin, Dia marah tentang hal-hal yang tidak kamu sadari. Jadi, cobalah mencari tahu dahulu, penyebab yang memicu kemarahannya, setelah itu yakinlah bahwa kamu dapat mengatasinya dengan mudah.

Pembangunan Kantor Selesai Agustus 2026, Pimpinan OJK Siap Pindah ke IKN Mulai Tahun Ini

Mengakui bos kamu juga manusia

Atasanmu di kantor juga hanya manusia biasa, yang memiliki kekurangan. Anggaplah perilakunya yang tidak menyenangkan sebagai kekurangannya. Jadikan, sifatnya yang kerap membuatmu jengkel sebagai ketidaksempurnaan dari atasan kamu. 

Oleh karena itu, jangan pernah berharap bos kamu akan menjadi orang yang sempurna dan memiliki suasana hati yang sama sepanjang waktu. Sebab, kondisi demikian merupakan sesuatu yang mustahil terjadi.

Menganggapnya sebagai masalah pribadi

Terkadang, bos mengucapkan kata-kata tidak enak di dengar telinga dan berbicara tentang kelemahan yang membuat kamu tersinggung. Tak perlu mempermasalahkannya, apalagi berencana untuk balas dendam. Untuk menghadapinya, coba cari cara tepat agar kamu tidak selalu jadi sasaran.

Bicara dengan bos kamu

Minta izin untuk bertemu secara baik-baik dengan beliau. Sehingga, kamu bisa mengungkapkan hal-hal yang menjadi masalah, serta keinginanmu. Siapa tahu, Si Bos akan memberi kesempatan untuk berbicara dan menjelaskan perspektifmu dengan jelas.

Selangkah lebih maju

Salah satu cara terbaik untuk menyenangkannya, adalah menjadi selangkah lebih maju dari pekerjaan yang ditugaskan. Misal, kamu ditugaskan untuk mengerjakan sesuatu, pastikan kamu sudah siap sebelumnya. Ini tidak hanya akan memberikan hasil sempurna pada tugasmu, tapi juga menyelamatkan dari amukan bos.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya