Logo DW

Lakukan 8 Hal Ini, Kamu akan Menjalani Hidup Bahagia

Ilustrasi hidup bahagia. (picture-alliance/PhotoAlto/S. Olsson)
Ilustrasi hidup bahagia. (picture-alliance/PhotoAlto/S. Olsson)
Sumber :
  • dw

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan jasmani, menjaga kebiasaan baik untuk tetap menjadi orang yang sehat pikirannya adalah kunci unuk menjadi orang yang bahagia tanpa penyakit hati. Berikut adalah sedikit rangkuman dari buku "Rich Habits, Rich Life" oleh Dr. Ranall Bell, seorang pakar dan praktisi sosial ekonomi dari San Antonio, Texas, Amerika Serikat.

Tidak Bergosip

Sulit menahan diri untuk tidak membahas kekasih baru rekan kerja, atau rahasia sahabat Anda. Tapi dengan menghindari gosip kita akan menjadi lebih bahagia. Lain kali Anda merasa ingin bergosip, katakan sesuatu yang positif. Dr Bell: "Orang yang berbicara positif cenderung dikelilingi orang-orang dengan pandangan yang sama. Ini akan membuat kita lebih bahagia."

Meja Kerja Rapi

Saat bekerja dengan tekanan tinggi, seringnya Anda melupakan kondisi meja kerja Anda. Menurut Dr Bell, meja kerja yang rapih menandakan cara kerja yang terorganisir dan ini akan membuat Anda tiga kali lebih bahagia di tempat kerja. "Banyak studi yang menunjukkan, tempat kerja yang rapih memungkinkan kita untuk bekerja secara lebih efektif dan fokus."

Tidak Marah-marah Saat Menyetir

Saat macet, pengemudi mobil yang tidak berhati-hati tentu membuat Anda kehilangan kesabaran. Tapi tetap tenang di balik kemudi adalah cara mudah untuk merasa lebih bahagia. Dr Bell: "Orang yang bahagia menyalurkan energinya ke hal-hal postif dan tidak meneriaki pengemudi lain atau mengeluhkan macet.". Yang dapat kita lakukan adalah sabar dan menyalurkan energi yang seharusnya kita gunakan untuk marah-marah untuk sesuatu yang lebih berguna--seperti berolahraga dan membakar kalori.