Trik Atur Keuangan Supaya Gaji Gak Cuma Numpang Lewat

Ilustrasi mengelola keuangan.
Ilustrasi mengelola keuangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Memasuki waktu gajian tentu membuat kita selalu bersemangat, mengingat kondisi keuangan yang sudah menipis. Namun, pernahkah Kamu mengalami momen di mana gaji Kamu habis dalam sekejap walaupun baru gajian>

Terkadang mendapati kejadian tersebut, Kamu sberpikir bahwa perusahaan tempat bekerja memberikan gaji yang terlalu kecil dan pemasukan selalu tidak bisa mencukupi pengeluaran bulanan. Namun, sepertinya hal ini tidak selamanya benar. Sebab, mungkin saja sebenarnya gaji Kamu sudah lebih dari cukup.

Hanya saja Kamu lebih banyak menggunakan gaji itu untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Atau bisa saja, ada yang salah dengan pengelolaan uang kamu setiap bulannya. Lalu, bagaimana cara mengatasi agar gaji yang baru Kamu terima tidak langsung habis dalam sekejap?

Financial Planning, Prita Hapsari Ghozie menjelaskan, biasanya saat orang baru gajian kemudian uangnya langsung habis lantaran orang tersebut ‘kebablasan’ dalam menggunakan uang. Ada baiknya, kata dia, untuk tidak menaruh dana gaji hanya di satu rekening saja.

“Pada saat gajian, pertama orang biasanya kebablasan karena biasanya enggak dipisah. Paling gampang berapa pun gajinya, pisahkan di tiga tabungan. Living (biaya hidup), saving (tabungan) dan playing (senang-senang),” kata dia saat ditemui VIVA di Senayan City, Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019.

Dia menjelaskan, kebutuhan living berkaitan dengan biaya yang rutin dikeluarkan setiap bulannya, seperti biaya hidup, cicilan, transportasi hingga skincare rutin. Sedangkan untuk saving sendiri mencakup biaya yang disiapkan untuk dana darurat, investasi dan tabungan.

Lalu, playing mencakup biaya yang disiapkan untuk memenuhi keinginan atau kesukaan Kamu, misalnya untuk nonton, jajan, kado, belanja baju hingga belanja online.