Mahasiswa RI Gelar Konferensi Internasional Peduli Indonesia di USA

Konferensi Internasional bertajuk Penn Indonesia Conference (PIC) 2019
Sumber :
  • Viva.co.id/Aiz Budi

VIVA – Asosiasi Mahasiswa Indonesia di University of Pennsylvania (UPENN) atau PENNCASILA menyelenggarakan acara Konferensi Internasional bertajuk Penn Indonesia Conference (PIC) 2019, yang mengusung tema Indonesia On The Global Stage. 

Komjak Soroti Penanganan Kasus Dugaan Korupsi Emas di Kejaksaan

Acara yang digelar pada tanggal 2 November 2019, di Perry World House, University of Pennsylvania, Philadelphia, Amerika Serikat.

PENNCASILA merupakan Asosiasi Mahasiswa Indonesia di UPENN yang didirikan sekitar 2 tahun yang lalu oleh segelintir mahasiswa Indonesia di universitas terkemuka di negeri Paman Sam, mereka adalah Gaby Lynn Utomo, Sherina Widjaya, Michelle Bahar, dan Gracelynn Soesanto.

Izin Menginap di Kantor Polisi, Pria Tuban Ini Ternyata Baru Membunuh Istrinya

Organisasi ini memiliki beberapa program sosial rutin dalam skala kecil yang diadakan di dalam kampus seperti makan bersama ala Indonesia, acara kebudayaan seperti tarian tradisional, latihan angklung bersama, penggalangan dana untuk korban bencana alam di Indonesia seperti Palu dan lainnya. 

Pada penghujung tahun 2019 ini, PENNCASILA membuat sebuah gebrakan dengan menyelenggarakan sebuah acara akbar, yaitu Konferensi Internasional yang melibatkan tokoh-tokoh penting.

Waketum Nasdem Ahmad Ali Datang ke Rumah Prabowo, Surya Paloh Sebut Ada Urusan Pilkada

Melalui acara konferensi internasional Penn Indonesia Conference 2019, PENNCASILA mengajak para mahasiswa dari berbagai universitas di Amerika Serikat untuk berdiskusi tentang peran serta Indonesia di dunia Internasional, sesuai dengan tema yang diusung, Indonesia on The Global Stage.

“Kami percaya konferensi ini dapat memperkenalkan Indonesia dan membuka diskusi tentang peran serta Indonesia di dunia internasional, sekaligus menginspirasi setiap individu untuk turut berperan serta dalam pembangunan negara kita,”ujar Gaby Lynn dalam keteranga tertulis yang diterima VIVA.

Pada konferensi ini, beberapa isu besar yang sedang berkembang di Indonesia diangkat, yaitu tentang teknologi start-up, pembangunan yang berkelanjutan, serta yang tidak kalah menarik adalah isu kepemimpinan wanita serta pengaruhnya dalam masyarakat di Indonesia. 

Dalam konferensi Internasional Penn Indonesia Conference 2019, PENNCASILA menghadirkan dua pembicara utama yakni Dr. Dian Triansyah Djani SE, MA, yang saat ini menjabat sebagai Duta Besar dan Wakil Tetap Republik Indonesia untuk PBB (2016-sekarang), serta Robert Blake Jr yang menjabat Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia (2013-2016).

Acara konnferensi ini pun ternyata mendapat respons positif, banyak mahasiswa yang ingin sekali mengenal lebih dalam negara Indonesia. Hal itu terbukti dengan adanya puluhan perwakilan mahasiswa yang mewakili universitasnya masing-masing dari segala penjuru Amerika Serikat, hadir bersama teman-temannya. 

“Menjadi kehormatan bagi kami sebagai wakil generasi muda bangsa dapat
berkesempatan turut memperkenalkan potensi bangsa kita di luar negeri, sekaligus mengajak seluruh generasi muda bangsa untuk lebih peka dan kreatif berperan serta dalam pembangunan. Di tangan kita lah masa depan bangsa akan terbentuk,” ujar Janice Kathryn, selaku Ketua 2 PIC 2019. 

Sukses untuk PENNCASILA dan semua cita-citanya. Prestasi yang membanggakan bangsa dan negara tidak hanya sampai bisa meraih pendidikan maksimal di luar negeri tapi juga melalui tindakan nyata untuk memperkenalkan Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya