3 Alasan Mengapa Tisu Toilet Berwarna Putih

Ilustrasi Tisu Toilet
Sumber :
  • Pixabay/ DizzyRoseblade

VIVA – Menggunakan tisu untuk membasuh area intim setelah buang air kecil menjadi hal yang umum dilakukan banyak orang. Untuk itu tak heran, jika tisu toilet, selalu disediakan di setiap wc umum. Namun, sadarkah kamu, tisu toilet yang disediakan selalu berwarna putih?

Viral Seorang Kakek Tak Punya Kewarganegaraan, Bertahan Hidup dengan Jual Tisu di MRT

Ternyata, tisu toilet yang umum berwarna putih ini punya alasan. Seperti dilansir Times of India, meskipun tersedia dalam berbagai kualitas dan jenis, tisu toilet yang dipilih harus selalu warna putih. Bukan karena terlihat bersih, ternyata tisu toilet berwarna putih punya tiga alasan ilmiah. Simak faktanya, berikut ini.

Baca Juga: Cantiknya Kartika Sary, Adik Yuni Shara dan Krisdayanti Jelang Nikah

Waspada Penggunaan Tisu Toilet Berisiko Timbulkan Infeksi Parah

Biaya Produksi Murah

Alasan mahalnya biaya produksi, menjadi salah satu penyebab, kenapa perusahaan produsen tisu tidak membuat tisu toilet berwarna. Lagipula, tisu yang akan digunakan, akan langsung dibuang. Sehingga, demimenghemat biaya produksi, tisu toilet hanya diproduksi dengan warna putih. Pembuatan tisu toilet umumnya tanpa pemutih, sehingga jangan heran jika warna tisu toilet terkadang kecokelatan. Ya, lagi-lagi alasannya karena produsen tisu tidak berinvestasi dalam pembuatan kertas toilet berwarna karena bakal menelan biaya lebih banyak. Nah, kamu pasti tahu kan, jika biaya produksi tisu mahal, bisa jadi harga kertas toilet juga akan menjadi mahal.

Viral Bintik Merah di Tisu Toilet Umum, Orang Ini Beberkan Bahayanya

Ramah Lingkungan

Alasan kedua, terlepas dari alasan praktis dan murahnya biaya produksi ada alasan lain kenapa tisu toilet hanya diproduksi dalam warna putih. Ya, jawabannya benar, agar lebih ramah lingkungan. Kertas toilet putih terurai lebih cepat daripada kertas berwarna. Perusahaan memutihkan bubur kayu dengan hidrogen peroksida atau klorin untuk membuatnya lebih putih. Proses ini untuk menghilangkan zat lignin dan melembutkan kertas.

Risiko Kesehatan

Ada beberapa perusahaan yang memproduksi kertas toilet berwarna, tetapi karena risiko kesehatan, disarankan untuk hanya menggunakan kertas toilet putih. Dokter sering mengaitkan kertas toilet berwarna dengan peningkatan risiko kesehatan, sehingga menjadikan putih pilihan yang aman untuk tisu toilet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya