Hari Toilet Sedunia, Hindari Diri dari Kuman Toilet dengan Cara Ini

Ilustrasi toilet duduk
Sumber :
  • Instagram/Toto Indonesia

VIVA – Hari ini, Selasa 19 November 2019, diperingati sebagai Hari Toilet Sedunia atau World Toilet Day. Sebagaimana diketahui, toilet atau kamar mandi merupakan salah satu tempat paling kotor di rumah. Sayangnya, banyak orang yang masih abai dengan kebersihannya.

Terjatuh dari Toilet Beralas Bambu, Ibu Rumah Tangga Tewas

Padahal, berdasarkan studi yang dilakukan oleh Unilever, di dalam sebuah toilet terdapat lebih dari 100 juta kuman yang berisiko menyebabkan penyakit pada pengguna, dalam hal ini adalah keluarga.

Baca Juga: Minum ASI Sarwendah, Betrand Peto: Manis Bun

Viral Model Pintu Toilet Pendek

Menurut Dokter Mikrobiologi Klinis, Dr. dr. Wani Gunardi, Sp.MK(K), toilet dan kamar mandi adalah tempat kita membuang kotoran dan sisa makanan. Sebagai gambaran, rata-rata feses seseorang dalam kondisi normal mengandung sekitar 11 miliar kuman per gramnya. Jadi, ada ratusan juta kuman di dalam sebuah toilet dan kamar mandi.

"Beberapa kuman yang sering ditemukan di kamar mandi di antaranya bakteri Salmonella, E.coli, Listeria, Shigella, Cholera, Typhoid dan Rotavirus, yang bisa menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari diare, gangguan saluran pencernaan dan pernapasan, juga penyakit pada kulit," ujarnya di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Senin 18 November 2019.

Parasit Berbahaya Terungkap dari Toilet di Yerusalem

Lebih lanjut Dr. Wani Gunardi menjelaskan bahwa bakteri bisa hidup dalam hitungan jam hingga bulan. Artinya, kalau lingkungan bakteri tersebut untuk hidup mendukung, maka dia akan hidup lebih lama. Jika tidak dibersihkan, bakteri akan membentuk koloni dan berkembang biak. Lalu, apa yang harus dilakukan?

"Kita bisa mengurangi risiko terpapar kuman dengan membersihkan toilet dan kamar mandi serta mempraktikkan perilaku hidup bersih dah sehat. Di antaranya, harus menjaga tempat tersebut bersih dan sehat. Bakteri harus dikendalikan, dalam arti jumlah dan jenisnya. Cara pembersihan dan bahan yang digunakan untuk membersihkan juga harus benar," kata dia.

Selain itu, orangtua harus mengedukasi anak dan keluarga untuk menjaga kebersihan, seperti mencuci tangan usai ke toilet, menyiram toilet setelah digunakan, mandi dua kali sehari, tidak menyimpan handuk atau pakaian di dalam kamar mandi, dan membersikan diri dan cuci tangan dengan baik setelah buang air besar atau kecil.

"Memang, tidak ada toilet dan kamar mandi yang 100 persen bebas dari kuman, tapi dengan melakukan hal-hal di atas, kita bisa mengurangi risiko terpapar kuman lebih banyak," tuturnya.

Di momen Hari Toilet Sedunia, yuk, mulai hidup lebih sehat dan rutin bersihkan toilet!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya