Mengenal Isu Kesehatan Mental Lewat Instalasi Seni

Humanize Us
Sumber :
  • VIVA/ Bimo Aria

VIVA – Isu kesehatan mental makin banyak diperbincangkan dalam beberapa tahun belakangan. Jika sebelumnya diskusi mengenai kesehatan mental dianggap sebagai suatu hal yang tabu, bahkan banyak anak muda yang kini lebih sadar untuk membicarakannya.

Meli Joker Tewas Bunuh Diri Sambil Live di Instagram, Psikolog Soroti Hal Ini

Kini banyak diskusi mengenai kesehatan mental dikemas dalam bentuk yang lebih menarik. Salah satunya ialah Humanize Us yang hadir untuk mengangkat isu sosial dalam bentuk talks, session dan experience. Diinisiasi oleh Monstrore & Maika, acara ini megangkat topik “Mental & Wellness’ .

“Awalnya, event ini kami rencanakan dalam rangka merayakan anniversary Monstore yang ke-10 dan kami menggagas ide untuk mengadakan sebuah exhibition pada akhir tahun 2019 ini," ungkap Founder dari Monstore, Agatha Caroline saat ditemui di Plaza Indonesia, Kamis, 22 November 2019.

Gelapnya Dunia Pendidikan: Perundungan Mengancam Kesehatan Mental Calon Dokter Spesialis

Seiring berjalannya waktu, ia kemudian menggandeng Maika yang juga memiliki visi yang sama. Sehingga mereka sepakat untuk berkolaborasi bersama membentuk IP (intelctual property) baru yang  Humanize Us. Event ini resmi dibuka untuk publik pada Jumat, 22 November 2019 hingga 25 Desember 2019, di Plaza Indonesia, Jakarta.   

Agatha menjelaskan lewat Humanize Us ia ingin mengajak publik untuk mengeksplore topik “Mental & Wellness’ dalam bentuk experience berupa instalasi dan exhibition. Pengunjung akan dibawa untuk menikmati dan menafsirkan pengalaman mereka sendiri dalam lima ruangan instalasi labirin dengan tema The Origin, The Exaggeration, The Empathy, The Honesty, dan The Society.

Prof Tjandra: Ramai Kasus Depresi di Kalangan PPDS, Ini 5 Rekomendasi Tindak Lanjut Perlu Dilakukan

"Setiap ruang instalasi sosial yang tersusun terinspirasi dari pengalaman manusia di setiap pertemuan dengan sosial ataupun dirinya sendiri.~ Pengunjung juga dapat bebas berfoto dalam ruang instalasi ini," kata Olin.

Tak hanya instalasi, Humanize Us juga memiliki rangkaian talkshow yang mengambil angle mental health, wellness, dan social media dari sudut pandang lifestyle. bisnis. dan juga selflove bersama Iebih dari 30 pembicara seperti Gisella Anastasia. Ben Soebiakto, Ayla Dimitri, Aakar Abyasa, dan masih banyak Iagi.

"Harga tiket untuk instalasi Humanize Us adalah Rp50 ribu perhari sedangkan untuk talks dan sessions berkisar antara Rp50 ribu hingga Rp250 ribu," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya