Hari Guru Nasional, Ini 4 Pesan Haru untuk Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Ilustrasi guru.
Sumber :
  • Freepik/pressfoto

VIVA – Hari Guru Nasional diperingati pada tanggal 25 November setiap tahunnya. Banyaknya ilmu yang diberikan serta melahirkan ribuan orang hebat, membuat guru menjadi sosok panutan. Tak heran, ucapan untuk sosok guru di Hari Guru Nasional diberikan sebagai tanda terima kasih atas jasa yang tak terhingga.

Sekolah Ini Singkirkan 300-an Buku yang Memuat Konten LGBT

Peran guru di sekolah memiliki andil besar dalam mendidik para generasi muda untuk bisa mencapai kesuksesan. Dari tangan para guru, terlahir orang-orang hebat dengan karyanya yang memukau.

Jasa guru yang sangat besar membuat ucapan terima kasih tak akan mampu membalasnya, namun dengan mengenang jasanya membuat sosok guru merasa terhormat dan dihargai.

Berkarya dengan Cinta, Terry Persembahan Lagu Istimewa dalam Hawa Surga

Nah, untuk mengenang jasa para guru, berikut ucapan haru terkait Hari Guru Nasional, dikutip dari berbagai akun di Instagram, Senin, 25 November 2019.

Lelahnya guru menjadi berkah

Kemenag Cairkan Rp66 M Insentif Guru PAI Non ASN, Per Orang Dapat Rp1,5 Juta

Ucapan Selamat Hari Guru diunggah oleh akun Cheria Holiday. Di judul unggahannya, ia menggambarkan betapa hebatnya kemampuan seorang guru dan jasanya yang akan menjadi berkah.

"Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya hebat, tapi gurulah yang dapat melahirkan ribuan orang hebat. Orang tua pun juga sebagai guru dalam keluarga. Kau bimbing kami dari tidak bisa menjadi bisa. Semoga, lelahmu menjadi berkah untuk kita semua, aamiin," tulis akun tersebut.

Guru adalah teladan

Akun Umyogya mengunggah pesan dari pendiri Muhammadiyah, K.H. Ahmad Dahlan. Dalam unggahannya, sosok Ahmad Dahlan yang disegani itu menuturkan bahwa guru harus menjadi teladan muridnya.

"Menjadi seorang guru ialah menjadi teladan dan panutan bagi generasi penerus bangsa. Ingatlah pesan K.H. Ahmad Dahlan (Pendiri Muhammadiyah) bahwa seorang guru adalah teladan, teladan yang baik ialah yang tidak banyak bercakap namun banyak berbuat keteladanan bagi umat dan bangsanya. Selamat Hari Guru Sedunia. Selamat menjadi teladan untuk agama dan bangsa ini," tulis akun itu.

Guru yang memberikan ilmu ketaqwaan

Dalam unggahan akun Pesonasantri, tertulis pesan untuk para guru agar tak hanya memberikan pendidikan formal namun juga dalam membentuk adab yang baik. Dengan begitu, guru bisa menjadi teladan dan menganjurkan serta mengharuskan generasi muda bertindak sesuai adab.

"Jika kita menjadi guru hanya sekedar transfer ilmu, akan ada masanya di mana kita tidak lagi dibutuhkan, karena Syekh Google lebih tahu banyak hal dari kita. Namun jika kita menjadi guru yang juga mentransfer adab, akhlaq, ketaqwaan, dan keikhlasan.. maka kita akan selalu dibutuhkan, karena Google tak memiliki semua itu," tulis akun itu.

Setiap orang adalah guru

Pesan dari Bapak Pendidikan Ki Hadjar Dewantara diunggah oleh akun sahabat genius. Diungkapkan olehnya bahwa kita harus menjadikan setiap tempat sebagai sekolah, dan menjadikan setiap orang sebagai guru.

"Guruku tersayang, engkau adalah mercusuar bagi hati nurani,embun pagi bagi kehidupan,
Bara api bagi semangat kami. Guru adalah teladan bagi generasi masa depan, Teladan pembelajar yg terus belajar
," tulis judul di akun itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya