Meriam Karbit, Mainan Rakyat yang Konon Bisa Usir Hantu

Meriam Karbit permainan rakyat dan jadi tradisi di Pontianak, Kalimantan Barat
Sumber :
  • Viva.co.id/ Ngadri dri

VIVA – Daerah dan Suku di Indonesia sangat beragam. Tak heran jika setiap wilayah memiliki tradisi hingga permainan rakyat yang menjadi ciri khas. Salah satu contohnya adalah Meriam karbit, permainan rakyat dan tradisi warga Pontianak, Kalimantan Barat.

Program Petani Milenial Kaltim Diluncurkan untuk Ketahanan Pangan IKN

Meriam karbit terbuat dari kayu berbentuk panjang dengan berbagai ukuran. Meriam karbit biasanya oleh warga Pontianak dimainkan pas menjelang perayaan hari raya Idul Fitri, atau di acara-acara tertentu.

Menurut kisahnya, para ahli sejarah kala itu raja pontianak Syarif Alkadrie ketika membuka lahan untuk bertempat tinggal diganggu oleh hantu kuntilanak.

Mau Kaya di Usia Muda? Ini Tips Jitu untuk Milenial dan Gen Z

Kemudian ia memerintahkan pasukannya untuk mengusir hantu tersebut dengan meriam karbit sehingga hantu lari tunggang langgang.

Filosofi meriam karbit memupuk gotong royong, karena proses pembuatan Meriam karbit dilakukan oleh sekelompok warga dengan cara bergotong royong. Dimulai dari mengangkat balok, membelah, mengikat menggunakan tali rotan dan pengecatan.

Survei LPI, Mayoritas Gen Z dan Milenial Tidak Setuju PDIP dan Gerindra Berkoalisi

Meriam karbit memiliki suara dengan dentuman yang menggelegar, sehingga setiap warga yang menyaksikan permainan meriam harus menutup dengan kedua tangannya. Uniknya lagi, permainan meriam karbit selalu diselenggarakan ditepian sungai Kapuas.

Setiap warga yang menyaksikan permainan rakyat ini harus rela berdesak-desakan. Sebab, area bermainnya terkadang sempit, jalan yang terbuat dari kayu sangat kecil juga berisiko membuat warga tercebur ke sungai, lantaran saling bersenggolan.

Permainan meriam karbit selalu menjadi tontonan warga Pontianak dan terkadang wisatawan asing juga turut menyaksikan lantaran penasaran ingin mendengarkan dentuman meriam karbit yang suaranya menggelegar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya