Kisah Hasniah, Raih Mimpi jadi Make Up Artist Meski Tak Bisa Mendengar

Hasniah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane

VIVA – Hasniah atau kerap disapa Nia adalah seorang wanita kelahiran Jakarta, 6 Oktober 1980. Memiliki keterbatasan mendengar sejak usia 2 tahun karena terjatuh dari tempat tidur, Nia diajarkan tentang bahasa isyarat dan diharuskan untuk bisa membaca gerak bibir orang sehingga ia lebih fasih untuk berbicara.

Berkah Ramadhan, Belanja Bersama Difabel, Sebuah Inisiatif yang Menginspirasi

Tidak sedikit orang yang mengejeknya, tapi Nia mengacuhkan hal tersebut. Terlebih, sejak di bangku SMA, Nia mulai tertarik dengan make up karena ia ingin terlihat lebih cantik dan percaya diri. 

Namun, karena keterbatasan ilmu, ia belum memfokuskan kariernya di dunia kecantikan. Setelah lulus SMA dan bekerja, ia pun mulai melengkapi alat dan produk make up, mengikuti kelas make up, dan menonton tutorial di Youtube untuk menekuni hobinya dalam merias wajah.

DPR Sebut berkat Terobosan Kapolri Kaum Difabel Bisa Jadi Polisi

"Misal, seorang vlogger make up mereka menjadi role model kita. Make up apa yang digunakan untuk menjadi seperti mereka," ujar Nia dalam acara temu media Make Up YOU, di kawasan Thamrin, Jakarta.

Saat ini, ia bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang garmen dimana ia bekerja sebagai penjahit. Hobinya pun akhirnya membuahkan hasil ketika salah seorang koleganya meminta Nia untuk merias wajahnya. Sejak saat itulah, Nia beberapa kali dipercayakan untuk merias wajah orang lain, mulai dari keluarga hingga orang-orang yang baru ia kenal.

2 Orang Peserta Difabel Lolos Tes Tingkat Akhir SIPSS Polri

"Selain pekerjaan sebagai penjahit, saya juga biasa jadi make up artist untuk pelanggan saya," ungkapnya.

Meskipun terlahir sebagai anak terakhir dari 4 bersaudara, ia memiliki sikap yang mandiri dan tidak menjadikan keterbatasannya sebagai hambatan untuk berkarya. Ia bahkan memiliki motto hidup untuk menjadi wanita independen yang tidak perlu bergantung pada siapapun

"Melihat orang cantik di Youtube, ada semacam motivasi untuk supaya bisa seperti mereka. Dan ketika kita bercermin lalu terlihat secantik mereka, bisa boosting rasa percaya diri kita," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya