1200 Jam, Waktu Ideal Belajar Bahasa Inggris Sampai Fasih

Ilustrasi belajar bahasa Inggris
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kebutuhan untuk belajar Bahasa Inggris makin banyak disadari oleh masyarakat. Mereka mencoba berbagai cara untuk bisa berbahasa Inggris, termasuk mempelajarinya lewat internet. 

5 Ide Ucapan Lebaran Berbahasa Inggris, Biar Kelihatan Lebih Keren

Hal ini terlihat dengan banyaaknya unggahan blog yang memberikan tips dan trik menarik belajar bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Namun, Dr. Minh Tran, Executive Director of Academic Affairs & Partnership EF Education First, Hal itu hanya mitos belaka. 

"Jika memang semudah itu, tidak akan ada permintaan terhadap penutur bahasa Inggris karena semua orang pasti sudah menjadi penutur bahasa Inggris," kata dia saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 11 Desember 2019. 

Tes Bahasa Inggris Rekrutmen BUMN Banjir Keluhan, Ini Respons Penyelenggara

Ia mengatakan, pada kenyataannya orang dewasa yang tidak bisa berbahasa Inggris memerlukan setidaknya 600 jam pengajaran berkualitas tinggi dan 600 jam praktik berbicara untuk menguasai bahasa Inggris dengan cukup baik di tempat kerja secara umum. 

"Orang yang memiliki bahasa asli yang sangat berbeda dari bahasa Inggris, yang memerlukan keahlian bahasa Inggris tingkat tinggi, atau tidak memiliki pengalaman belajar bahasa asing akan memerlukan waktu yang lebih lama," kata Minh. 

Bule Ini Kagumi Sosok Guru Ngaji di Ambon yang Bisa 4 Bahasa Asing

Mitos belajar bahasa yang mudah dan cepat membuat pembelajar individu frustrasi ketika kemajuan mereka tidak sesuai dengan ekspektasi mereka. Banyak yang memilih kursus bahasa Inggris dengan kelas hanya beberapa jam per minggu, mengira itu akan cukup.

Minh, melanjutkan, sebagian besar menyerah jauh sebelum mencapai angka 1.200 jam. Mitos ini juga menyesatkan pemberi kerja dan pemerintah yang menginvestasikan pelatihan bahasa Inggris skala besar. 

Mereka memilih program yang tidak ekstensif dan program yang tidak memberikan peluang untuk benar-benar berbicara bahasa Inggris. Harga murah program tersebut hanya menarik hingga mereka mengukur hasilnya. 

"Menghilangkan mitos bahwa suatu bahasa dapat dipelajari tanpa banyak waktu dan praktik akan meningkatkan efisiensi baik investasi publik maupun swasta," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya